Bisnis Tour and Travel: Memulai Usaha Tour & Travel yang sangat Prospektif & Menguntungkan

Anda ingin bisnis tour and travel, berikut kami akan menjelaskan secara rinci prospek bisnis travel, keuntungan usaha tour & travel serta pengalaman kami Safari Wisata International dalam menjalankan bisnis tour and travel. Siapapun bisa menjalankan usaha ini tanpa modal besar.

Bisnis travel (perjalanan) wisata sangat menjanjikan di masa depan yang merupakan usaha yang tidak pernah mati. Setiap orang memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan baik perjalanan wisata maupun perjalanan bisnis. Bahkan saat ini, dikalangan anak muda sering dikenal dengan istilah travelling atau jalan-jalan yang sudah menjadi gaya hidup.

Bisnis Tour & Travel ini mencakup banyak kegiatan usaha didalamnya yang meliputi:

  • Penjualan Paket Tour: yaitu penjualan paket liburan atau paket wisata yang dikemas dengan komplit yang didalamnya sudah termasuk akomodasi hotel, transportasi, makan minum, agenda perjalanan atau itinerary untuk mengunjungi tempat wisata baik wisata alam, wisata budaya, wisata seni, wisata agro, wisata religi, wisata sejarah dan lain sebagainya dalam bentuk private tour ( tour yang tidak digabung dengan peserta lain) ataupun open trip (tour yang digabung dengan peserta lain dengan target jumlah peserta tertentu). Penjualan Paket Tour ini bisa paket tour in-bound atau dalam negeri maupun paket tour out-bound atau luar negeri.

Lihat Juga: Paket Wisata Sabang 4H3M

  • Penjualan Tiket Pesawat: yaitu penjualan tiket pesawat baik domestik maupun international baik online maupun secara konventional. Biasanya travel sudah bekerjasama dengan airline untuk menjadi mitra keagenan penjualan tiket.
  • Penjualan Tiket Transpostasi Lain: yaitu penjualan tiket baik transportasi laut maupun darat seperti penjualan tiket kapal ferry dan lain-lain sebagainya.
  • Penjualan Tiket Kapal Pesiar: yaitu penjualan tiket kapal pesiar mewah.
  • Penjualan Vocher Hotel: yaitu penjualan voucher hotel dengan keuntungan dari komisi.
  • Penyediaan Transportasi Wisata: yaitu menyediakan jasa transportasi wisata seperti mobil dan bus.

Disamping usaha tour & travel umum diatas, tour & travel juga bisa menjual paket dan jasa lain seperti:

  • Penjualan Paket Umrah & Haji Khusus: Dalam hal ini travel bisa membuat paket umrah dan juga menjual paket umrah yang dijalankan oleh perusahaan tour & travel Biro Perjalanan Wisata (BPW) jika di Indonesia namun Agent Perjalanan Wisata (APW) juga bisa menjual paket umrah yang dikemas oleh Biro Perjalanan Wisata (BPW). Namun Biro Perjalanan Wisata (BPW) dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) lebih mudah untuk mendapakat Izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Haji (PPIH) di Kementerian Agama Republik Indonesia dengan syarat yang ditentukan misalnya perusahaan harus diaudit, memiliki modal dengan jumlah tertentu, memiliki tenaga ahli, memiliki bank garansi dan lain-lain untuk mendapatkan izin tersebut. Dalam hal penjualan paket umrah, pada tahun 2019 telah terbit aturan khusus dan batas wajar harga paket yang ditetapkan pada tahun 2019 adalah IDR 20.000.000.
  • Penjualan Paket Wisata Religi: penjualan paket wisata religi ini biasanya digabung dengan paket umrah. Misalnya paket wisata umrah + mesir, paket wisata umrah + Aqsa, paket wisata umrah + Istanbul dan lain-lain sebagainya.
  • Penjualan Paket Mancing: yatu penjualan paket mancing yang dikemas oleh perusahaan wisata mancing.

Lihat Juga: Paket Mancing di Aceh & Spot Mancing di Indonesia

  • Penjualan Paket Wisata Menyelam: yaitu penjualan paket wisata diving yang dikemas dengan bekerjasama dengan perusahaan penyelaman.

Lihat Juga: Paket Menyelam di Sabang & Spot Diving di Sabang

  • Penjualan Paket Wisata Snorkeling: yaitu menjual paket snorkeling lengkap dengan peralatan snorkeling, boat kaca atau boat lain, pemandu snorkeling dan lain-lain.

Lihat Juga: Paket Wisata Sabang + Snorkeling 5 Hari

  • Penjualan Paket Wisata Dolphin & WhaleShark sighseeing: yaitu penjualan paket wisata khusus yaitu melihat lumba-lumba dan hiu paus.

Lihat Juga: Dolphin Trips Sabang

  • Penjualan Paket Water Sport: yaitu menjual tiket water sport yang telah bekerja sama dengan perusahaan penyedia water sport misalnya Jet Ski, Bungy Jumping, Parasailing, Sea Walker, Surfing, Rolling Donut, Water Flying, dan lain sebagainya.
  • Penjualan Paket Wisata Khusus: Misalnya Paket Wisata Sejarah, Paket Wisata Agro, Paket Wisata Alam, Paket Wisata Religi dan Paket Wisata Khusus Lainnya.
  • Penjualan Paket Golf Course: yaitu menjual paket bermain Golf.
  • Penjualan Paket Wisata Adventure: yaitu menjual paket wisata jelajah misalnya mendaki gunung, trekking, cycling di persawahan, safari gajah, camping, canoeing, arung jeram, off road dan lain sebagainya.
  • Penjualan Tiket Masuk Taman Wisata atau Kebun Binatang: yaitu penjualan tiket masuk ke taman wisata seperti Taman Wisata Water Park dan taman safari indonesia.
  • Pengurusan Perjalanan Bisnis: yaitu mengurus semua perjalan bisnis seseorang maupun korporat.
  • Pengurusan Dokumen Wisata: yaitu mengurus dokumen perjalanan seperti visa, paspor dan lain-lain.
  • Pengurusan Passenger & Baggage Handling: yaitu mengurusi semua keperluan di bandara baik check-in, lounge dan menghandle bagasi saat keberangkatan.
  • Jasa Informasi Wisata: yaitu penyediaan informasi wisata baik melalui online maupun media cetak dan anda akan mendapakankan penghasilan dari promosi.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Sabang

  • Jasa Konsultasi Wisata
  • Jasa Konvensi atau Pertemuan
  • Jasa Impresariat

Di Indonesia, Bisnis Tour and Travel terdiri atas dua macam yaitu Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Agen Perjalanan Wisata (APW). Untuk Agen Perjalanan Wisata (APW) usaha ini mencakup kegiatan keagenan yang berkaitan dengan penjualan paket wisata, tur, transportasi, akomodasi, pemesanan tiket angkutan udara, laut dan darat, pemesanan akomodasi, restoran, pertunjukan, objek wisata dan daya Tarik wisata dan pengurusan dokumen perjalanan. Untuk paket tur biasanya Agen Perjalanan Wisata menjual paket yang dikemas oleh Biro Perjalanan Wisata. Sedangkan Biro Perjalanan Wisata (BPW) kegiatan usahanya meliputi perencanaan dan pengemasan paket wisata termasuk wisata alam, melakukan penyelenggaraan & penjualan paket wisata & jasa pariwisata lainnya, menyalurkan penjualan paket wisata melalui Agen Perjalanan Wisata, menyediakan layanan angkutan wisata, pemesanan hotel, restoran, konvensi, seni budaya dan kunjungan ke objek wisata, melakukan pengurusan dokumen perjalanan, penyelenggaran ibadah agama dan perjalanan intensif. Untuk Jasa Pramuwisata biasanya usaha ini dilakukan oleh organisasi, himpunan, badan usaha maupun kelompok yang telah mendapatkan bimbingan, pelatihan & penerangan untuk memenuhi kebutuhan Biro Perjalanan Wisata. Pramuwisata biasanya mendapatkan lisensi atau sertifikasi oleh badan atau lembaga sertifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pengalaman Safari Wisata International dalam mendirikan Bisnis Tour & Travel serta bukti & pendapatan perusahaan

Safari Wisata International merupakan Biro Perjalanan Wisata dengan nomor Pendaftaran Perusahaan: 010137910770 dengan SK Pendirian Perusahaan yang disahkan pada tanggal 07 Februari 2019.

Kami yaitu dua sahabat semenjak SMA memulai usaha travel & tour ini pada akhir tahun 2018 dengan merencanakan nama brand, target pasar, jenis usaha dan siapa saja yang akan kami ajak bekerjasama. Pada tahun 2020 ini kami sama sama berumur 28 tahun. Kami tidak memiliki izajah diploma D1, D2 atau D3 apalagi Sarjana S1, S2 dan S3. Kami hanya lulusan salah satu SMA di Aceh Besar yaitu SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Aceh Besar.

Sedikit sejarah kami sebelum pendirian usaha ini, Kami pernah bekerja di Perusahaan Jasa Ground Handling yaitu perusahaan pengurusan pesawat atau airline mulai dari passenger handling, baggage handling, handling dokumen pesawat, & operasional ground pesawat dan kami juga pernah mengurus pesawat jet pribadi atau jet charter. Kami juga pernah bekerja sebagai Jasa Pemandu Wisata freelance khusus turis asing. Di samping itu, kami juga pernah bekerja di perusahaan diving resort dan juga pernah bekerja di beberapa perusahaan lain termasuk perusahaan asing bidang pembangkit listrik tenaga terbarukan. Banyak posisi telah kami tempatkan mulai dari staff, asisten manager, manager, hingga direktur utama.

Bukti Izin dari Menteri Pariwisata Diving Resort di Sabang yang pernah Kami Kelola
Note: Sengaja kami putihkan karena saham sudah kami jual
Bukti Izin dari Menteri Pariwisata Diving Resort di Sabang yang pernah Kami Kelola
Note: Sengaja kami putihkan karena saham sudah kami jual
Bukti Izin Cab. PPIU Umrah yang pernah Kami Kelola
Note: Sengaja kami putihkan karena perusahaan utama diluar Aceh

Tahun 2016, kami menjual saham perusahaan Diving resort dan kembali bekerja di salah satu perusahaan wisata di Banda Aceh. Tahun 2018, kami mengangur dan tidak ada pekerjaan setelah kami memutuskan Resign dari Perusahaan Biro Perjalanan Umrah.

Pada Akhir 2018, kami merencanakan untuk mendirikan bisnis tour & travel, namun kala itu situasi keuangan kami hanya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Bermodal nekat, kami memulai menyusun perencanaan dan dengan meminjam modal dari keluarga & teman dekat sebanyak Rp. 8.000.000 rupiah dan sedikit tabungan kami untuk membeli domain website dan membuka akun bank. Kami mulai mendirikan perusahaan pada 7 februari 2019. Kami tidak memiliki kantor pada saat itu, kantor yang kami tempati adalah kantor perusahaan teman yang memberikan dokumen sewa bangunan untuk kami bisa menguruskan izin usaha. Jadi kami tidak perlu membayar biaya sewa kantor yang rata-rata harga sewa ruko di Banda Aceh mulai dari IDR 12.000.000 s.d 80.000.000 tergantung lokasi. 

Setelah selesai kami mendapatkan izin, pada bulan maret 2019 setelah kami mempromosikan paket wisata secara luas, kami mulai menerima pesanan paket wisata baik melalui Social Media, Website, WhatsApp, Telegram dan Email. Paket wisata yang kami tawar beragam mulai dari paket tour biasa hingga paket wisata khusus dengan target pasar Indonesia, Asia Tenggara dan Eropa.

Tamu Mengontak kami melalui Facebook
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Tamu Mengontak kami melalui Email Perusahaan
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Tamu Mengontak kami melalui WhatsApp dengan deal 6,440 Uero
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy

Hanya dalam 3 bulan kami berhasil membayar pinjaman dan membuat kantor travel sendiri dari hasil usaha dan saat ini banyak relasi kami menitipkan mobil kepada kami dan sangat menunjang usaha kami. Di samping itu, banyak travel dalam dan luar negeri yang sudah bekerja sama dengan kami. Pada akhir tahun 2019, kami telah sukses membeli asset penunjang perusahaan mulai dari alat-alat keselamatan hingga alat-alat untuk keperluan wisata khusus.

Dealing Harga
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Tamu Mentransfer DP dari Bank Italia
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
DP Tamu Indonesia
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Transfer DP Dari Tamu Malaysia
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Transfer DP Dari Tamu Malaysia melalui TT Transfer
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy

Foto-foto diatas adalah bukti sebagian kecil saja yang kami publish. Disamping kami juga telah bekerja sama dengan banyak hotel, resort, bungalow, hotel, dan juga antar travel baik di indonesia maupun diluar negeri. Kami hanya mempromosikan brand, sehingga banyak partner yang ingin bekerja-sama. Berikut bukti kerjasama kami:

Kerjasama Tertulis dengan Hotel
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Kerjasama Travel Malaysia
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Pembayaran DP Hotel
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Jangan lupa bekerjasama dengan Asuransi agar tamu aman, anda juga dapat komisi
Note: Sengaja kami putihkan untuk melindungi privacy
Jangan lupa bayar pajak bro…

Pada tahun 2020 tepatnya saat pandemi corona Covid-19 meningkat, kami mendapat pembatalan group tour lebih dari 25 group dan masih banyak group lain yang berkeinginan mengambil paket wisata namun cancel. Terakhir kami membawa group tour pada tanggal 19 Maret 2020. Dan saat ini, kami hanya membuka open trip untuk lokal saja, sewa mobil dan online store. Namun demikian, kami percaya bisnis tour & travel ini akan tumbuh kembali pada akhir tahun 2020 dimana saat ini banyak calon wisatawan bertanya kepada kami kapan pembukaan perbatasan dan berkeinginan untuk berwisata.

Untuk kedepan, kami berencana membuat perusahaan Safari Wisata International ini menjadi perusahaan Tourism Development Company dengan menjadikannya sebagai Holding Company dan mendirikan perusahaan subsidiary yang bergerak di banyak bidang pariwisata seperti restoran, resort, diving, charters, dan lain-lain. Kami berharap kedepan setelah pandemi covid-19 ini, akan jauh lebih baik.

Kunci sukses Bisnis Tour & Travel terletak pada marketing atau cara anda memasarkan jasa, jasa yang anda tawarkan unik dan beragam, membangun branding, membuat penawaran yang menarik dan pelayanan yang berkualitas. Di samping itu, penunjang usaha tour and travel ini terletak pada cara anda mengelola keuangan travel, perencanaan harga paket dan bagaimana anda melayani dengan baik di lapangan.

Langkah-Langkah Membuat Usaha Jasa Tour & Travel

  • 1. Menentukan Nama Travel

Nama travel sangat penting salah satunya untuk branding. Banyak orang kadang abai dalam menentukan nama travel. Banyak kita melihat misalnya kita contohkan Blang Bintang (Salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar) saat ini ada beberapa lokasi wisata. Muncul ide membuat travel untuk menjual paket wisata ke Blang Bintang dan biasanya travel membeli website paketwisatablangbintang(dot)com atau pakettourblangbintang(dot)com dan lain sebagainya dengan tujuan agar website tersebut mudah muncul dihalaman satu Google. Namun perlu anda ketahui, saat ini Google telah merubah algoritmanya dan saat ini tidak banyak berpengaruh pada nama domain. Alangkah lebih baik anda mengunakan nama brand anda, dan ketika brand atau nama travel anda populer, maka orang akan ingat jika mau berwisata ke Blang Bintang, travel ini lebih bagus. Anda pun bisa menjual paket paket lain selain paket wisata ke Blang Bintang. Begitulah contoh pentingnya nama travel untuk branding.

Dari nama ini nanti akan memunculkan merek, design logo dan lain sebagainya agar mudah untuk mengidentifikasi suatu barang atau jasa. Disini anda bisa menentukan konsep brand, logo, tema, desain, name tag, dan jika anda menjalankan travel online atau pemesanan tour online maka akan menampilkan jenis bisnis anda secara jelas.

Lihat Juga:

  • 2. Pilihlah Jenis Usaha Tour & Travel

Sebelum memulai usaha jasa tour & travel, ada baiknya anda menentukan terlebih dahulu jenis usaha travel seperti apa yang ingin anda jalankan. Misalnya penjualan tiket pesawat terbang, tikel kapal ferry atau tiket perjalanan wisata lainnya, pemesanan akomodasi dan lain-lain sebagainya. Ini akan memudahkan anda menentukan jenis travel misal agen perjalanan wisata atau biro perjalanan wisata. Hal ini, akan berhubungan langsung ke kegiatan dan izin usaha anda. Misalnya anda ingin menjual paket umrah maka anda harus mendirikan tour and travel jenis Biro Perjalanan Wisata agar memudahkan anda mengurus Izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Dengan memilih jenis usaha diatas, akan memudahkan anda merancang target pendapatan, misalnya dari komisi penjualan tiket, mendapatkan penghasilan dari sewa mobil dan lain sebagainya. Jika anda tidak mempunyai mobil untuk disewakan, maka anda bisa bekerja sama dengan jasa rental mobil. Anda bisa merental mobil dari jasa rental mobil misalnya Rp. 250.000 rupiah tanpa supir untuk mobil Avanza satu hari, dan anda menjual jasa sewa mobil dengan supir seharga Rp. 600.000 sehari dengan jangkauan tertentu misal hanya dalam kota, maka anda akan mendapatkan penghasilan Rp. 100.000 s.d 150.000 setelah memotong biaya minyak mobil dan supir. Jika keluar dari kota maka harga disesuaikan.

  • 3. Menargetkan Market Anda

Dalam memulai bisnis travel & tour anda sebaiknya memetakan target market anda. Jika anda menargetkan wisatawan lokal dekat dengan lokasi usaha anda berada, maka paket wisata yang anda tawarkan adalah paket wisata out-bound atau perjalanan keluar daerah maupun keluar negeri. Jika anda menawarkan paket wisata di tempat yang mudah anda jangkau misalnya di Aceh, maka paket yang anda tawarkan berupa paket inbound wisata Aceh dengan target pasar wisatawan luar Aceh misalnya wisatawan dari Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung dan lain-lain. Anda juga bisa memasarkan ke wisatawan luar negeri seperti Malaysia, Singapura, China, Brunei Darussalam maupun Eropa dan Amerika. Oleh sebab itu penentuan pasar sangat berpengaruh. Jika anda menargetkan wisatawan luar negeri maka anda harus menawarkan paket dalam Bahasa internasional.

Dalam hal menargetkan pasar, anda juga harus melakukan riset baik kompetitor, keadadaan pasar dan lain sebagainya. Riset ini diperlukan untuk menentukan performa usaha, memperdalam informasi, melihat peluang, melakukan komparasi terhadap pesaing, menentukan konsep, memilih cara marketing dan penawaran yang lebih baik agar bisa menarik konsumen. Riset ini juga diperlukan dalam menentukan media marketing. Misalnya target pasar anda China, maka anda harus membuat paket dalam Bahasa mandarin dan mempromosikan melalui Social Media dominan di China seperti Sina Weibo, WeChat dan lain sebagainya.

  • 4. Membuat Profil Usaha

Buatkanlah profil usaha anda selengkap-lengkapnya agar dapat meyakinkan calon konsumen anda. Anda bisa memaparkan secara singkat sejarah usaha atau perusahaan, tentang usaha & latar belakang, visi & misi, struktur organisasi, keunggulan usaha anda, legalitas usaha, produk dan layanan, jasa atau service, gallery pengalaman usaha,klien dan kontak usaha. Ini akan menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas bisnis anda.

  • 5. Membuat Paket Wisata

Paket Wisata atau Paket Liburan adalah salah satu usaha dalam tour & travel. Anda bisa menawarkan paket wisata yang menarik dan berbeda dengan travel lain. Paket wisata disusun berdasarkan hasil tinjau lapangan dan objek wisata yang dimasukkan dalam agenda perjalanan layak atau tidak. Penjualan paket wisata ini akan menunjang usaha anda agar lebih berkembang. Paket wisata yang menarik tidak hanya pada promo paket murah, namun dari segi penawaran, aktivitas wisata yang unik dan berbeda, penawaran akomodasi dan servis yang baik. Membuat paket wisata, anda harus menentukan budget atau anggaran setelah anda bekerjasama dengan hotel, restoran dan lain-lain. Jika tidak maka akan terjadi over-budget dan anda akan kerugian.

Lihat Juga:

  • 6. Bangun Branding Yang Kuat

Branding sangat penting, seperti yang telah dibahas pada poin pertama langkah-langkah membuat bisnis tour and travel diatas, Nama Travel sangat penting untuk branding. Dengan penentuan nama anda bisa mendesain logo, slogan, dan lain sebagainya. Branding ini diperlukan agar orang mengingat usahanya bukan tempatnya. Misal orang membeli air mineral, maka nama brand yang paling populer adalah produk air mineral Aqua. Brand ini aka nada gunakan saat promosi, name tag bagasi group dan lain sebagainya. Semakin kuat anda membangun bran atau image usaha, itu akan memberikan identitas yang kuat kepada usaha anda.

  • 7. Membuat Desain Brosur, Kartu Nama & Konten Promosi

Setelah menentukan jenis usaha dan paket wisata, anda bisa mempersiapkan materi dan desain brosur baik berupa tulisan dan foto. Dengan kemajuan teknologi anda tidak perlu mencetak brosur anda, anda bisa membagikan melalui social media. Anda juga bisa membuat konten video promosi misalnya dolphin trip dengan video dari drone agar tampak lumba-lumba meloncat, ini akan lebih menarik wisatawan untuk berkunjung.

  • 8. Menyewa Kantor

Kantor sangat perlu agar usaha travel anda lebih kredibel. Apalagi jika anda memasarkan paket umrah, maka lokasi usaha anda harus sangat strategis karena calon jamaah umrah yang mendaftar lebih cenderung mendatangi kantor atau offline dan lebih banyak pertanyaan walaupun anda mempromosikan melalui social media, calon jamaah tetap akan menanyakan kantor anda. Apalagi saat ini banyak terjadi penipuan perjalanan umrah. Jika bisnis tour & travel anda lebih cenderung online, maka anda tidak terlalu perlu kantor yang strategis dan ini akan menghemat biaya sewa karena lokasi kantor strategis akan membutuhkan biaya sewa yang lebih besar. Kantor juga diperlukan untuk aktivitas administrasi seperti membuat invoice, membuat pelaporan keuangan, menyimpan file dan lain sebagainya. 

  • 9. Mengurus Perizinan

Jika travel anda mulai berjalan dan berkembang, anda harus mengurus perizinan agar usaha anda resmi tidak dibayangi rasa ketakutan oleh aktivitas usaha illegal. Izin usaha juga sangat diperlukan jika anda mengurus keagenan penjualan tiket, membuat kerja-sama dengan pemerintah. Jika ada tamu khusus pemerintah dan anda ditunjuk sebagai travel yang melayani tamu tersebut, maka pemerintah akan melihat izin anda, laporan pajak anda dan kredibilitas lain. Jika anda mendapatkan proyek pelatihan pemandu wisata, proyek pelatihan eko-wisata kepada peserta, proyek event wisata dan lain-lain, maka legalitas dan sertifikasi sangat dibutuhkan.

  • 10. Membuat Akun Bank Travel

Bisnis akan lebih terpercaya dan profesional jika anda memiliki rekening atas nama usaha anda atau atas nama perusahaan atau badan usaha berbadan hukum. Untuk memiliki rekening atas nama usaha anda terlebih dahulu anda harus memiliki legalitas usaha yang dipersyaratkan oleh bank. Anda bisa membuka tabungan bisnis atau rekening giro. Jika usaha anda memiliki aktivitas keuangan yang tinggi dengan jumlah yang besar maka rekening giro menjadi pilihan yang tepat. Adapun bank-bank besar yang melayani pembukaan rekening untuk usaha anda seperti Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, BCA, BTN, Bank Mega, Bank Panin, Bank Permata, Bank Danamon, Bank MayBank, Bank CIMB Niaga dan bank-bank lain. Pilihlah bank yang terhubung dengan jaringan internasional agar memudahkan anda melakukan transaksi internasional. Jika customer anda mulai banyak, ada yang meminta pelunasan dengan menggunakan kartu kredit dan debit. Anda bisa mengajukan mesin EDC ke Bank agar transaksi non-tunai anda lebih mudah. Namun, seiring berjalan waktu, di Indonesia sendiri bisa membayar dengan pembayaran online yang anti ribet seperti Go-Pay, OVO, Doku Wallet, TCash, LinkAja dan lain-lain.

  • 11. Membuat Spanduk Untuk Dokumentasi

Membuat dokumentasi berupa foto dan video dengan spanduk brand anda dan di publish ke social media menjadi salah satu bukti bahwa usaha travel anda dipercaya konsumen. Namun ada travel yang tidak membuat spanduk saat membuat dokumentasi. Bisa jadi karena bisnis travel tersebut sudah popular dan kuat brandingnya sehingga tidak perlu lagi spanduk yang kadang terlihat sedikit mencolok dan kolot.

  • 12. Membuat Media Pemasaran seperti Email, Sosial Media, Website & Lain-lain

Zaman sekarang sudah ada banyak sekali media pemasaran untuk mempromosikan bisnis travel anda. Pemasaran paling efektif adalah promosi melalui digital marketing melalui social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, WhatsApp, WeChat (Target pasar China), QQ, Qzone, Baidu Tieba, Tumblr, Pinterest, Reddit, Viber, Telegram, Snapchat, Line, VK (populer di Rusia) dan banyak lagi. Jangan lupa juga mempromosikan jasa wisata anda di TripAdvisor karena banyak konsumen akan memberikan komentar dan penilaian service anda melalui TripAdvisor. Disamping itu, anda juga bisa mempromosikan melalui Website dengan mengoptimasi SEO, Konten Berkualitas dan relevan. Anda juga bisa mempromosikan melalui email marketing. Pengaruh media social dalam usaha travel sangat besar. Di Aceh sendiri kami melihat ada satu travel yang hanya mempromosikan paket wisata dan open trip melalui Instagram saja, namun jumlah bookingan paket membuat kita terengah karena full bookingan sampai 8 bulan kedepan. Padahal hanya mempromosikan lewat Instagram, tidak punya facebook dan website. Konten yang di publish sangat menarik walau hanya foto dan video.

  • 13. Membuat Tata Kelola Usaha

Tata Kelola usaha sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan usaha. Tata Kelola Usaha atau Tata Kelola Perusahaan yang baik adalah mekanisme yang mendasari suatu proses untuk mewujudkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas, mengoptimalkan daya saing, mendorong pengelolaan usaha secara profesional, efesien dan efektif guna mewujudkan tata kelola yang baik dan usaha yang sehat. Prinsip tata kelola didasari pada transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran. Anda bisa menyusun kebijakan tata kelola sesuai dengan perundangan undangan dengan yang meliputi Manajemen baik manajemen operasi, manajemen kantor, manajemen keuangan, Manjemen Resiko, Standar Operasi, Standar Layanan, standar keselamatan, standar keuangan, standar perpajakan, Tata Kerja Direktur dan Komisaris, Kebijakan Penetapan Kurs untuk wisatawan mancanegara yang membayar dalam valuta asing, perlindungan konsumen, penerapan anti-korupsi, peraturan perusahaan dan tugas dan tanggung jawab karyawan anda.

  • 14. Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan sangat penting untuk disusun agar proyeksi keuangan tidak meleset. Perencanaan keuangan disusun berdasarkan survey lapangan. Misalnya harga sewa kantor, harga peralatan penunjang, biaya-biaya yang akan dikeluarkan baik untuk promosi, operasional dan lain-lain sebagainya.

  • 15. Buat Bisnis Plan Jangka Panjang

Perencanaan Bisnis Jangka Panjang juga sangat diperlukan untuk mencapai target anda. Disini anda bisa studi kelayakan, merencanakan keuangan, pengadaan alat, jadwal yang ditetapkan, besaran investasi, penetapan pengembalian investasi, target pemasaran, target keuangan, target operasional, produk & pelayanan, analisis pasar, strategi pemasaran, pertimbangan dan elemen rencana bisnis yang lain yang dianggap perlu.

  • 16. Rekrut Karyawan & Freelancer

JIka bisnis anda sudah mulai menghasilkan omzet yang mencukupi, anda bisa merekrut karyawan untuk membantu usaha anda. Jika omzet anda belum mencukupi maka anda bisa merekrut freelancer seperti pramuwisata. Pemandu wisata atau tour guide ini biasanya bisa anda rekrut dari organisasi atau himpunan pemandu wisata. Pemandu wisata ini bisa anda hire dengan tarif 250.000 – 350.000 sehari tergantung kualifikasi untuk memandu turis atau group tour anda. Komisi yang anda berikan ke pramuwisata bisa jadi berubah-ubah tergantung ketetapan yang ditetapkan oleh himpunan tersebut.

  • 17. Bekerjasama dengan Airline untuk menjadi Agen Penjualan Tiket Pesawat

Salah satu usaha dalam tour & travel yaitupenjualan tiket pesawat. Memang saat ini orang dengan mudah membeli tiket pesawat online melalui travel raksasa seperti Traveloka, Tiket(dot)Com dan lain sebagainya. Namun jangan bersedih hati, anda tetap akan perlu akan kerjasama ini, misalnya anda menawarkan paket tur + tiket pesawat, paket umrah dan paket tur luar negeri, anda pasti akan membeli tiket group. Jika anda sudah bekerjasama maka harga tiket group jauh lebih murah sesuai dengan pengalaman kami membeli tiket group untuk umrah di berbagai macam penerbangan baik Garuda Indonesia, Saudi Airline, Malaysian Airline yang di charter oleh Tabung Haji Malaysia, Scoot Air, Oman Air dan masih banyak lagi. Saat anda memiliki group tour ke luar negeri maka anda pasti akan membeli tiket untuk group anda. Jika anda tidak mau bekerjasama dengan airline langsung, anda juga bisa bekerja sama dengan Agen Travel yang ada di kota anda yang menjual tiket pesawat dan anda bisa meminta sedikit komisi. Saat ini ada banyak travel menawarkan program afiliasi menjadi agen penjualan tiket, tidak ada salahnya jika anda mencoba. Hal yang perlu anda ingat dalam penjualan tiket, anda harus sangat teliti dalam mem-booking dan meng-issued tiket. Jika anda tidak teliti, maka kerugian akan menghantui anda. Pengalaman kami, kami membawa pekerja penambang emas ke Aceh pada tahun 2012. Informasi yang kami terima dari Bos Tambang, tiketnya harus kami booking hari Kamis, sedangkan tiket yang ter-issued hari Rabu, karena tidak teliti. Kerugian yang tidak sedikit lebih dari 30jt.

  • 18. Perluas Kerjasama dengan Hotel & Resto

Kerjasama hotel & restoran sangat penting. Jika anda menawarkan paket wisata maka anda harus bekerjasama dengan hotel dan resto. Jika tidak maka tariff kamar hotel yang diberikan kepada anda adalah harga publish yang harganya sangat mahal. Jika anda bekerjasama maka pihak hotel akan memberikan diskon kepada anda tergantung keahlian anda dalam melobi. Dengan restoran pun anda harus bekerjasama agar bisa mengambil paket makan yang sesuai dengan budget atau anggaran yang anda tetapkan saat membuat paket tour. Anda bisa melihat jaringan penjualan vocher hotel di aplikasi booking online seperti Traveloka, PegiPegi, Booking(dot)Com, dan lain sebagainya, jaringan ini memberikan diskon harga hotel berbeda-beda.

  • 19. Jika anda belum memiliki alat transportasi, perluas kerjasama dengan jasa transportasi.

Jika anda memulai bisnis tour and travel ini dengan modal yang sedikit dan belum memiliki transportasi sendiri, anda bisa memperluas kerjasama dengan jasa transportasi baik jasa rental mobil, jasa rental bus maupun jasa sewa boat. Anda harus bisa meyakinkan partner kerjasama anda bahwa bisnis anda berjalan dan sangat prospektif agar jasa rental mobil mau memberikan diskon sewa mobil lepas kunci kepada anda. Disamping itu, anda juga bisa bekerjasama dengan pemilik mobil seperti pengalaman kami, banyak pemilik mobil menitipkan mobil untuk kami operasikan, jika ada group kami mengambil mobil dan memberikan uang imbalan atau sewa kepada pemilik mobil walaupun hanya setengah hari pakai. Perlu diingat, jangan sia-siakan kepercayaan orang terhadap kita, jika anda melakukan itu maka akan merusak citra usaha anda dan juga anda.

  • 20. Buat Penawaran Terbaik

Untuk menarik konsumen anda, anda bisa mencoba membuat terobosan terbaru dengan penawaran terbaik. Yang perlu anda garis bawahi setelah anda membuat penawaran terbaik, pelayanan juga harus yang terbaik agar pengguna jasa anda akan mempromosikan usaha anda mulut ke mulut. Promosi seperti ini jauh lebih berkualitas karena langsung direkomendasikan oleh pengguna jasa anda yang telah puas dengan jasa anda.

  • 21. Jalin Kerjasama dengan Penyedia Jasa Pariwisata Lain.

Dalam hal bekerjasama dengan penyedia Jasa Pariwisata lainnya, anda bisa memperluas kerjasama misalnya dengan perusahaan Wisata Tirta yang meliputi Wisata Selam, Watersport, Jasa Rental Boat, Jasa Angkutan Kereta Api, Sangar Seni, Taman Rekreasi maupun antar usaha tour & travel. Hal ini untuk melancarkan usaha anda, misalnya travel anda berada di Aceh, namun anda menjual paket wisata Bali, maka anda lebih baik bekerja sama dengan travel yang ada di Bali untuk memudahkan anda dalam mengatur paket dan menyelengarakan tur ke Bali. Kerja sama ini akan saling menguntungkan.

  • 22. Dapatkan Perangkat & alat yang dibutuhkan

Dalam hal mempromosikan usaha anda, anda pasti memerlukan perangkat seperti kamera action misalnya GoPro untuk mengambil video berkualitas, kamera underwater untuk mengambil video snorkeling dan diving, drone untuk mengambil video dan gambar dari udara. Semakin bagus perangkat anda, semakin bagus pula hasilnya. Perangkat & alat lain yang dibutuhkan tergantung pada jenis usaha travel anda. Misalnya anda membukan trip camping di pulau, maka anda harus menyiakan alat dan fasilitas camping dan seterusnya. Jika anda membawa group tour besar sampai 40 orang dalam bus maka anda memerlukan Wireless Loadspeaket untuk tour guide.

  • 23. Berikan Pelayanan yang berkualitas

Memberikan pelayanan yang berkualitas membuat konsumen anda kembali menggunakan jasa anda. Setidaknya konsumen tersebut akan merekomendasikan kepada calon konsumen lain bahwasannya pelayanan anda sangat bagus dan recommended. Pelayanan berkualitas ini akan memberikan anda bisnis yang berkelanjutan dan terus berkembang. Dengan pelayanan terbaik maka banyak orang akan mempromosikan bisnis anda mulut ke mulut tanpa perlu anda mengeluarkan biaya untuk beriklan. Dan promosi seperti ini jauh lebih baik dalam mendatangkan konsumen daripada anda mempromosikan lewat iklan baik digital maupun cetak. Jika perusahaan besar, mereka akan membuat standar pelayanan tersendiri untuk menjamin kepuasan pelanggan.

  • 24. Perdalam ilmu pariwisata & Manajemen

Sebagai usahawan yang ingin berkembang, anda harus banyak memperdalam ilmu dan skill dibidang usaha yang anda geluti. Jika tidak dibarengi dengan ilmu dan skill, maka usaha anda tidak berkembang dan akan kolaps. Di samping ilmu kepariwisataan, anda juga harus mempelajari manajemen baik manajemen marketing, manajemen operasi, manajemen keuangan, skill komunikasi, skill Bahasa, pengetahuan akan hukum, dan banyak skill dan kemampuan lain yang harus anda pelajari. Jangan malu untuk bertanya dan berkawan dengan kompetitor anda. Jangan anggap mereka competitor, anggaplah sebagai inspirasi.

  • 25. Persiapkan Manajemen Resiko

Pengelolaan risiko yang baik terciptanya tata kelola perusahaan yang baik. Risiko merupakan potensi terjadinya sesuatu yang dapat menghambat atau mengurangi kualitas ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen Risiko adalah serangkaian metodologi dan prosedur dalam mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan Risiko yang timbul. Resiko yang mungkin muncul adalah Risiko Keuangan, Risiko Operasional, Risiko Kredit, Risiko Likuiditas Risiko Pasar, dan Risiko Hukum. Manajemen Risiko dapat mengatur hal-hal yang menjadi pedoman bagi Karyawan dan Manjemen Perusahaan dalam menjalankan Manajemen Risiko. prinsip manajemen resiko terdiri atas Permodalan yaitu menyediakan permodalan sesuai risiko dan memelihara tingkat permodalan, transparansi, Independensi, Terintegrasi, Berkesinambungan, Akuntabilitas, & Responsibilitas yang dijalankan oleh Kerangka kerja yaitu Pengawasan aktif Dewan Komisaris dan Direksi,  Kecukupan Kebijakan dan Prosedur, dan Kecukupan proses Identifikasi, Pengukuran, Pemantauan, dan Pengendalian Risiko serta Sistem Informasi Manajemen Risiko.

  • 26. Membuat Standar Pelayanan

Standar Pelayanan adalah tolak ukur yang bisa anda buat sebagai pedoman operasi dan pelayanan dengan penilaian kualitas pelayanan sebagai penyelenggara atau penyedia jasa kepada konsumen secara cepat, mudah, berkualitas dan teratur. Anda bisa membuat standar pelayanan kepada tamu mulai dari penjemputan hingga kepulangan yang dapat menjadi pedoman kepada tour guide atau pramuwisata. Disamping itu, anda bisa membuat standar administrasi kantor dan lain sebagainya.

  • 27. Membuat Standar Keuangan & Kebijakan Keuangan

Untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan yang relevan dan tingkat akurasi yang tinggi, maka ada baiknya membuatkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pencatatan/pembukuan (Akuntansi) dari transaksi-transaksi yang terjadi. Kebijakan-kebijakan tersebut  antara lain :

  1. Periode Laporan Keuangan
  2. Penyajian Laporan Keuangan baik dalam Rupiah maupun Valuta
  3. Pengakuan Pendapatan & Beban Usaha
  4. Kebijakan Kas
  5. Kas dan setara kas
  6. Aktiva Tetap
  7. Penyusutan
  8. Pajak Penghasilan
  9. Laba Usaha
  10. Kebijakan Umum Pembayaran
  11. Kebijakan Kewenangan Pengeluaran Dana
  12. Kebijakan Pembayaran gaji, bonus, THR & lain-lain.

Untuk menetapkan standar keuangan tersebut, anda harus mempelajari tentang dasar dasar akuntansi yang berlaku. Tidak perlu harus menjadi sarjana dahulu baru anda akan memulai usaha. Anda bisa mempelajari dasar akuntasi, analisis transaksi dan jurnal, tahap penyesuaian, penyelesaian siklus akuntansi, laporan laba rugi, neraca dan catatan laporan keuangan, laporan arus kas, akuntansi kas, akuntansi piutang, akuntansi persediaan, akuntansi asset tetap dan bergerak, dan penyusunan laporan perpajakan.

  • 28. Membuat Kebijakan Konflik Kepentingan & Perlindungan Konsumen

Konflik kepentingan ini perlu diperhatikan juga. Dalam bekerja sama kepercayaan adalah hal utama. Anda harus menetapkan kebijakan konflik kepentingan antar partner. Misalnya tour guide freelance yang anda pakai jasanya, mereka cenderung mempromosikan jasa travel lain ketimbang jasa travel anda. Misalnya tour guide memberitahu kepada pelanggan atau tamu anda bahwasannya jika berkunjung lagi tamu bisa mengontak travel ini atau nomor ini. Ini salah satu konflik kepentingan yang harus anda ketahui dan masih banyak lagi konflik kepentingan lain. Oleh sebab itu, anda harus punya kebijakan konflik kepentingan.

Dalam hal perlindungan konsumen anda bisa menerapkan prosedur perlindungan konsumen antara lain memastikan penerapan prinsip perlindungan konsumen yang memenuhi prinsip keadilan, transparansi, perlindungan data dan/atau informasi pelanggan serta prinsip penanganan dan penyelesaian pengaduan nasabah secara efectif dan efesien.

  • 29. Membuat Persyaratan & Ketentuan Pelayanan

Membuat Persyaratan & Ketentuan Pelayanan sangat penting. Ketentuan & Syarat ini akan menetapkan aturan yang harus disetujui oleh pelanggan. Syarat & ketentuan ini biasanya akan mengatur tentang booking jasa, deposit dan kebijakan pembayaran, refund atau pengembalian, asuransi, special request, pembatalan, komplain, jasa layanan, keamanan, tanggung jawab, kebijakan hukum, kecelakaan dan perubahan-perubahan lain.

  • 30. Membuat Standar Keamanan

Membuat standar keamanan adalah hal yang paling perlu untuk kepentingan keselamatan baik wisatawan maupun karyawan anda. Jika paket wisata yang anda tawarkan banyak aktivitas wisata misalnya Arung Jeram, Snorkeling, diving dan lain sebagainya, maka harus mengikuti pentunjuk keamanan agar tidak terjadi hal yang fatal. Apalagi wisata yang anda tawarakan kebanyakan wisata petualangan seperti berburu, berkemah, berkuda, canyoning, trail, offroad, panjat tebing, penjelajahan, pendakian, penelusuran goa, pengamatan burung, safari, trekking, arung jeram, kayaking, spearfishing, paralayang dan sebagainya, maka sangat penting aka nada standar keselamtan dan keamanan.

Mengapa Bisnis Tour and Travel?

Sekarang, travelling sudah menjadi gaya hidup dan trend-nya meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 rekor kedatangan turis internasional sebesar 1,4 miliar menurut Organisasi Pariwisata Dunia (UNTWO) naik 6% dari tahun 2017 ke negara-negara tujuan wisata termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, pariwisata memainkan peran yang semakin penting dalam ekonomi global. Pada tahun 2018 tersebut, nilainya mencapai $ 1,7 Trilliun dollar atau sekitar 2% dari PDB global. Indonesia sendiri mengalami kenaikan jumlah wisatawan domestik yang sangat signifikan. Disamping itu, berikut beberpa alasan mengapa bisnis tour and travel layak untuk anda mulai:

  • Bisnis Berkelanjutan

Bisnis yang berkelanjutan, artinya bisnis tour & travel ini adalah bisnis yang tidak pernah mati dan tetap akan dicari oleh orang dan selalu akan berkembang dari tahun ketahun. Menurut Badan Pusat Statistik, Pada tahun 2014 total perjalanan dan pengeluaran wisatawan nusantara mendekati 270 juta perjalanan dengan total pengeluaran yang dikeluarkan mencapai lebih dari 200 trilliun, Pada tahun 2015 total perjalanan dan pengeluaran wisatawan nusantara lebih dari pada 270 juta perjalanan dengan total pengeluaran yang dikeluarkan mencapai lebih dari 220 trilliun, Pada tahun 2016 total wisatawan nusantara melewati  280 juta perjalanan dengan total pengeluaran yang dikeluarkan mencapai lebih dari 240 trilliun, Pada tahun 2017 total perjalanan wisatawan nusantara mendekati 285 juta perjalanan dengan total pengeluaran yang dikeluarkan mencapai lebih dari 240 trilliun, Pada tahun 2018 meningkat drastis dengan total perjalanan wisatawan nusantara lebih dari 305 juta perjalanan dengan total pengeluaran yang dikeluarkan mencapai lebih dari 290 trilliun rupiah.

Disamping itu, bisnis tour & travel ini bukan bisnis musiman dan bisa dijalankan sepanjang tahun, namun ada kalanya kunjungan wisatawan memuncak. Hal ini menyebabkan usaha tour & travel tidak pernah mati dan berkelanjutan.

  • Bisnis Dengan Modal Kecil

Bisnis travel ini bisa dibuka dengan modal yang kecil berbeda dengan bisnis perhotelan yang banyak memerlukan modal. Anda bisa memulainya dengan rekan anda. Jika anda memulai terlebih dahulu tanpa membuat badan hukum, maka modal yang diperlukan hanya sebatas promosi. Anda bisa mendesain konten promosi sendiri dan menerima pesanan pertama anda. Setelah mendapat beberapa pesanan, anda sudah bisa mengajukan perizinan dan pendirian perusahaan. Jika anda belum mengerti cara promosi dan membuat konten, anda bisa belajar melalui internet dan youtube tentang social media marketing, internet marketing dan lain sebagainya. Anda juga bisa belajar tentang desain grafis untuk membuat brosur dan lain-lain.

  • Pasar Yang Beragam

Bisnis tour & travel ini memiliki pasar yang beragam dan luar tergantung kepada target pasar anda. Ada wisatawan yang senang dengan wisata adventure, wisata alam dan juga ada wisatawan yang senang akan wisata budaya dan sejarah mulai dari wisatawan muda hingga wisatawan tua.

  • Bisnis Yang Dibayar Dimuka

Bisnis travel ini bisa dibilang tidak pernah merugi karena pelanggan yang membuat pesanan pasti akan membayar deposit dan akan dilunasi 2-3 hari sebelum perjalanan. Mengapa demikian, ini memudahkan anda dalam memesan hotel, transportasi, restoran, serta tiket masuk. Dengan begitu, resiko kerugian tergolong lebih kecil tergantung anda dalam mengelola manajemen keuangan.

  • Bisa Buka Dimana Saja

Jika usaha travel anda sudah go-online, maka lokasi tempat usaha tidak terlalu penting. Anda bisa membuka kantor dimana saja walaupun kantor anda terletak di pelosok. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa kantor dilokasi strategis jika usaha travel anda hanya bergerak dibidang tour domestik.

Kegagalan Bisnis Tour & Travel

Mengapa masih ada kegagalan dalam memulai usaha tour & travel service ini dengan alasan seperti tidak mendapatkan pesanan. Jangan berkecil hati, anda harus berusaha lebih keras lagi, bisa jadi penawaran anda kurang menarik disbanding dengan orang lain. Anda harus mencari motivasi dan inspirasi. Mencari ilmu dan skill yang cukup agar tidak bangkrut. Alasan berikutnya adalah tidak memiliki modal, modal memang penting, tapi memulai bisnis ini tidak perlu modal besar, hanya perlu uang untuk bayar kopi dan duduk di warung dengan wifi anda bisa menjual penawaran anda. Atau anda coba menawarkan diri menjadi freelance tour guide terlebih dahulu agar anda punya bukti dokumentasi agar dipercaya konsumen. Saat ini pelatihan tour guide diberikan Cuma-Cuma oleh dinas pariwisata. Anda bisa melihat event pelatihan untuk melihat agendanya. Alasan lain mengapa gagal memulai, bisa jadi anda menjalankan usaha setengah-setengah, iri terhadap keberhasilan orang lain, kurang kompetitif, tidak menguasai ilmu marketing, manajemen atau anda hanya ikut-ikutan dan tidak percaya diri.

Kesimpulan

Kami rasa sudah cukup panjang lebar kami menjelaskan tentang bisnis tour and travel ini. Tinggal anda yang memutuskan untuk memulai usaha travel ini atau tidak. Tidak perlu khawatir dengan raksasa travel lain, karena pelanggan akan melihat penawaran menarik dari travel lokal.

One thought on “Bisnis Tour and Travel: Memulai Usaha Tour & Travel yang sangat Prospektif & Menguntungkan

  1. Antoni

    Tetima kasih kakak, saya senang dengan tulisan kakak.
    Saya lebih bersemangat lagi dalam menjalankan bisnis usaha travel ini.
    Salam Wisata,
    Eugenea Travel

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *