10 Joran Terbaik untuk Mancing Ultralight (UL) – Tips memilih joran mancing ultralight terbaik

Joran terbaik untuk mancing Ultralight (UL) saat ini sangat mudah ditemukan. Joran mancing ultralight merupakan joran pancing yang lebih kecil dan ringan dari kebanyakan joran pancing standar pada umumnya. Mancing ultralight sendiri punya aturan dan setting piranti tersendiri seperti yang pernah kami jelaskan di postingan kami terdahulu. Salah satunya ialah aturan joran atau Rod maksimal sebesar 6 lbs dengan panjang minimal 180cm. joran ini ultra-light biasanya sering diaplikasikan dalam teknik casting namun ada juga yang mengaplikasikan dalam tehnik jigging dengan mengunakan lure micro jig.

Yang perlu anda ketahui sebelum memilih joran yang baik untuk mancing ultralight, anda bisa membaca artikel dibawah ini:

Untuk memilih joran mancing ultralight terbaik anda harus mengetahui dahulu joran seperti apa yang ingin anda beli. Ada dua macam joran yaitu joran spinning dan joran baitcasting. Joran spinning adalah joran yang dirancang untuk menahan reel spinning dimana biasanya dipasang dibawah gagang joran, sedangkan joran baitcasting adalah joran yang dirancang untuk menahan baitcasting reel biasanya dipasang diatas gagang.

Lihat juga artikel lain dari kami:

Tips memilih joran mancing ultralight

Untuk memilih joran ultralight terbaik anda harus tahu trik dan tips memilih joran baik. Berikut tips memilih joran yang tepat:

  • Handle (Gagang)

Gagang biasanya banyak angler memilih yang terbuat dari gabus atau busa EVA agar pegangan lebih nyaman dan tahan lama. Gagang ini bervariasi panjang tergantung pemakaian. Lebih panjang lebih baik untuk casting lebih jauh.

  • Dudukan Reel

Dudukan reel ini adalah area dimana anda dapat memasang reel atau penggulung biasanya pemancing akan memilih dudukan reel fuji yang lebih terjamin kualitasnya.

  • Guides (Cincin)

Guides ini biasanya terbuat dari bahan plastic, logam atau keramik. Saat ini Silicon Carbide atau disebut juga SIC dan Titanium Carbide dianggap sebagai bahan terbaik untuk guide. salah satu produsennya adalah fuji. SIC ini dapat mengurangi panas dan gesekan. Biasanya joran dengan guide SIC lebih mahal. Anda bisa melihat contoh guide SIC di joran Shimano Cumara. Selain itu ada juga Aluminum Oxide yang juga lebih smooth dan tahan lama dan biasanya lebih murah. Salah satu produknya adalah Fuji Hardloy yang bisa anda lihat contohnya di joran Shimano Compre. Selain itu, ada juga titanium guide yang bisa anda temukan salah satunya di joran G. Loomis. Produsen guide tidak hanya fuji, ada juga produsen lain seperti TiCH, AFTCO, Pacific Bay Hialoy dan lain-lain.

  • Material Joran

Joran biasanya dapat dibuat dari bahan Graphite dan Fiberglass. Joran graphite lebih disukai pemancing karena kekakuan, sensitivitas dan daya tempurnya. Namun graphite bisa lebih rapuh daripada yang lain. Fiberglass merupakan bahan yang lebih kokoh namun sedikit lebih berat di bobotnya. Biasa fiberglass dipilih untuk pemancing dengan target ikan yang lebih besar. Namun ada opsi komposit yaitu gabungan dua bahan graphite dan fiberglass namun biasanya harga lebih mahal.

  • Action & Power Joran

Action & power berkaitan dengan joran memiliki pengaruh sangat besar pada umpan anda agar memikat ikan untuk menyambar. Power merupakan jumlah kekuatan untuk menekuk pancing, ini diklasifikasikan dari sangat ringan hingga sangat berat. untuk action sendiri terdapat slow action, medium action dan fast action. Untuk slow action joran akan menekuk lebih dekat ke pegangan (lebih lentur) sedangkan fast action lebih kaku. Untuk slow action lebih bagus untuk umpan yang lebih ringan. Namun hal ini tergantung kepada angler sendiri.

Berikut daftar beberapa joran untuk mancing ultralight dengan harga yang tidak terlalu mahal menurut hemat penulis:

  • 1. G Loomis Trout Series
Joran Terbaik Mancing Ultralight

Joran G Loomis Trout Series dirancang khusus untuk target ikan trout. Joran ini memiliki sensivitas yang tinggi sehingga anda akan merasakan sensasi saat ikan menyambar walaupun hanya ukuran kecil. Joran ini dibuat dengan campuran carbon fiber blank yang memberikan kekuatan dan gagang dengan fitur campuran gabus dan komposit sehingga memerikan anda pegangan yang baik. Joran ini sudah dilengkapi dengan Fuji Alconite yang membuatnya tangguh dan lebih smooth saat senar keluar dari reel. Panjang joran ini 7ft 6inch. Joran ini terbagi dalam 2 pieces.

  • 2. Shimano Stimula 2

Shimano Stimula 2 adalah salah satu joran spinning ultralight terbaik yang terbagi dalam dua bagian atau 2 pieces agar mudah anda bawa. Joran ini sangat cocok untuk memancing di air tawar atau freshwater fishing baik di sungai maupun di danau. Untuk handle, shimano stimula 2 sudah dilengkapi dengan busa EVA untuk menambah daya tahan. Untuk action, joran ini dirancang fast action untuk meningkatkan sensitivitas dan dapat membantu anda melindungi senar, joran dan guides anda dari gesekan yang disebabkan oleh mata kail yang melempar. Material joran ini adalah Graphite Composite dengan guide aluminum oxides.

  • 3. Okuma Celilo Graphite UL

Okuma Celilo adalah joran pancing bagus dengan harga terjangkau dan murah. Joran ini dibuat dengan bahan blank graphite yang sangat sensitif, handle yang berkualitas dan reel seet tahan karat. Joran ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk anda yang terkesan solid untuk melawan ikan dengan piranti ultralight tackle. Guides joran ini sudah dilengkapi dengan aluminium oxide sehingga tahan korosi dan licin agar mudah senar anda keluar saat strike dengan ikan.

  • 4. Kastking Calamus UL

Joran Kastking Calamus UL ini beratnya hanya 2,5 ons sangat ringan ditangan anda. Joran ini terbuat dari material IM7 graphite blank dengan modulus yang tinggi sehingga lebih kuat. Untuk guides nya sendiri Kastking Calamus sendiri menggunakan V-Mark titanium dan handle-nya EVA foam. Panjang joran 4’6 dan 5 ft dengan action medium fast.

  • 5. Daiwa Spinmatic UL

Daiwa Spinmatic Ultralight merupakan joran spinning yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang tahan akan cuaca dengan panjang 4 hingga 7 ft yang terbuat dari graphite blank. Daiwa Spinmatic ini sudah dilengkapi dengan Sembilan guides aluminum oxide dan reel seat fuji. Untuk action sendiri joran ini memiliki fast action sehingga memungkinkan anda merasakan bahkan gigitan ikan terkecil pun.

  • 6. Okuma SST

Okuma SST merupakan joran ultralight yang dirancang khusus sesuai dengan keinginan angler. Joran ini terbuat dari IM-8 Graphite Blank dengan guide baja stainless dengan sisipan Zirkonium.  Di Amerika joran ini merupakan joran premium dengan harga terjangkau yang biasa dipakai untuk memancing di air dingin atau ice fishing dengan target ikan lebih spesifik seperti Salmon, Steelhead, Trout, Kokanee, Halibut dan Sturgeon.

  • 7. Kastking Perigee II BC/Spinning

Kastking Perigee II merupan joran yang dibuat dengan dua varian yaitu Spin cast dan BC. Dengan material yang berkualitas tinggi menjadikan joran ini sangat ringan, nyaman, sensitive dan juga dikenal sebagai joran terbaik mancing ultralight saat ini. Joran ini ada model 1 piece dan juga ada 2 pieces untuk memudahkan anda dalam membawa. Dibuat dengan material Carbon Fiber 24 Ton dengan pilihan action moderate, moderate fast dan fast. Joran ini juga dirancang baik untuk ultralight, light, medium light dan medium heavy dengan panjang yang bervariasi mulai dari 4,6ft sampai dengan 7,6ft. reel seat sudah dilengkapi dengan graphite ergonomis dan handle EVA grip. Joran ini sangat cocok untuk mancing di air asin (saltwater), air tawar (freshwater), mancing dengan kayak, mancing ikan bass, barramundi, trout dan banyak spesies ikan lain.

  • 8. Abu Garcia Vengeance BC

Joran casting Abu Garcia Vengeance ini merupakan joran yang lebih kuat yang dibuat dengan bahan 24-ton modulus graphite yang tinggi dengan guide baja satinless dan handle EVA dengan kepadatan tinggi. Joran ini memiliki panjang 6,6ft sampai dengan 7,6ft yang terbagi dalam pilihan ultralight, medium dan heavy. Joran ini lebih fleksibel dan tangguh.

  • 9. Shimano FXC 2 Pieces BC/Spinning

Shimano FXC 2 Pieces ini merupakan joran yang dirancang oleh manufaktur jepang dengan dua model yaitu untuk baitcasting dan spinning. Anda bisa memilih salah satu dari pada joran tersebut, BC atau spinning. Panjang joran 5’6 dan 5 ft dengan guide aluminum oxide dan real seat graphite. Joran ini sangat flexible untuk banyak gaya mancing terutama ikan air tawar. Terbuat dari bahan aero-glass dengan kekuatan yang sangat kuat dengan tetap mempertahankan sensivitas dan fleksibilitas yang tinggi.

  • 10. Daiwa Tatula BC

Daiwa Tantula Baitcasting adalah joran ultralight yang ringan dan sangat nyaman bagi penggunanya. Joran ini dilengkapi dengan guide Fuji Fazlite K Guide dan Handle Portuguese Cork handle. Daiwa Tantula dibuat dengan perpaduan bahan premium dengan teknik manufaktur canggih untuk mencapai keseimbangan ideal antara kekuatan dan sensivitas.

Sebelum membeli joran terbaik untuk mancing ultralight, anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu Tips memilih joran mancing ultralight terbaik yang telah dibahas diawal tadi. Mengetahui spesifikasi atau fitur-fitur pada joran sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat bagi anda yang ingin membeli joran terbaik. Disamping itu anda juga harus memperhatikan teknik apa yang ingin anda pakai sehingga anda bisa memilih joran yang tepat untuk anda.

One thought on “10 Joran Terbaik untuk Mancing Ultralight (UL) – Tips memilih joran mancing ultralight terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *