Tempat Wisata di Aceh – Menarik, Populer dan Unik & Aktivitas Liburan di Aceh, Indonesia

Temukan tempat wisata di Aceh dan hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Aceh Indonesia saat anda berlibur di provinsi yang terkenal dengan julukan Serambi Mekkah. Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung paling utara Pulau Sumatra dengan ibu kota Banda Aceh. Aceh memiliki tempat wisata yang melimpah dan pemerintah Indonesia sendiri menempatkan Aceh sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Dengan luas 57.365,57 kilometer persegi dan berlokasi sangat strategis di Selat Malaka di bagian utara dan timur. Aceh memiliki banyak suku bangsa yaitu Aceh, Gayo, Simeulue, Tamiang, Alas, Singkil, Aneuk Jamee dan Kluet yang memiliki Bahasa dan budaya tersendiri. Adat dan budaya tersebut tentunya berdasarkan Hukum Syariah Islam.

tempat wisata di aceh

Untuk sampai ke Aceh, anda bisa memesan penerbangan yang dilayani oleh maskapai Air Asia yang memiliki penerbangan setiap hari dari Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Aceh Besar. Bandara ini tepatnya berjarak 17 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Anda dapat memesan penerbangan internasional lainnya yang dilayani oleh Firefly dari Penang, Malaysia. Selain itu masih banyak penerbangan domestik yang dilayani oleh maskapai seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air dan Citilink yang melayani rute-rute dari kota-kota besar ke Banda Aceh seperti Jakarta dan Medan.

Setiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, jika anda membutuhkan transportasi untuk berkeliling Aceh atau transportasi antar jemput dari dan ke Bandara Sultan Iskandar Muda, kami Safari Wisata International menyediakan transportasi baik rental mobil di Aceh dan transportasi atau taxi antar jemput Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM). Untuk pemesanan anda dapat mengirimkan pesan ke Whatsapp kami di +6285360131941 atau Email: info@safariwisata.co.id, jika anda ingin menjelajahi Aceh, kami juga menyediakan beragam paket wisata Aceh dan Paket Wisata Sabang, tidak hanya itu, kami juga menyediakan berbagai paket wisata ke banyak destinasi di Aceh, lihat paketnya berikut:

Anda ingin beriwisata dengan minat khusus, kami juga menyediakan paket scuba diving, adventure dan paket mancing yang bisa anda lihat berikut:

Sejak bencana tsunami Desember 2004 silam, Aceh menjadi perhatian dunia dan dikenal luas. Aceh memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata religi, wisata bahari, wisata seni dan budaya, wisata ilmiah, wisata agro, wisata olahraga seperti diving, dan mancing hingga wisata petualagan seperti trekking, hiking, cycling, rafting dan lain sebagainya yang tersebar di banyak tempat seperti Pulau Sabang (Pulau Weh), Kepulaun Banyak, Pulau Aceh, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Simeulue, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan masih banyak lagi lainnya. Jika anda tertarik untuk menjelajahi keindahan Aceh, berikut panduan perjalanan ke Aceh, Tempat Wisata di Aceh dan hal-hal menarik untuk dilakukan di Aceh, Indonesia:

10 Aktivitas Paling Populer yang dapat dilakukan di Aceh, Indonesia:

  • 1. Menyelam di Pulau Weh (Sabang)

Scuba diving atau Menyelam di Pulau Sabang adalah salah satu hal yang sangat menakjubkan untuk dilakukan. Pulau Weh atau Pulau Sabang adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Aceh yang menawarkan tempat menyelam kelas dunia. Lebih dari 20 lokasi menyelam di pulau ini yang terletak di ujung paling barat Indonesia dan telah dikunjungi oleh ribuan penyelam dunia. Tempat menyelam terbaik di Pulau Weh yaitu Kapal Karam Sophie Rickmers, Batee Tokong, Gapang House Reef, Taman Laut Rubiah, Batee Dua Gapang, Limbo Gapang, Batee Meuroron, Batee Gla, Rubiah Utara, Pante Peunateng, Pantee Seuke, Pantee Ideu atau Lhong Angen, Seulako Drift, Meuduro, Sumur Tiga, Anoe Itam, Tug Boat Wreck, Shark Plateau, The Canyon, Pulau Rondo dan Arus Paleh. Anda akan melihat ratusan spesies karang, berbagai biota laut, species langka dan kehidupan laut lainnya. Keindahan dunia bawah laut di Pulau Weh menjadi magnet bagi ribuan penyelam lokal dan mancanegara dari seluruh dunia. Jika anda tertarik dengan scuba diving, lihat spot-spot menyelam di Pulau Sabang berikut:

  • 2. Memancing di Lepas Pantai Aceh & Laut Andaman
mancing di indonesia

Perairan Aceh adalah salah satu tempat terbaik untuk mancing di Indonesia. Perairan Aceh memiliki kekayaan laut yang melimpah dan sangat cocok untuk mancing ikan di laut dalam. Anda akan menangkap ikan besar mulai dari kerapu raksasa hingga tuna gigi anjing ukuran besar. Perairan Aceh sangat luas dan sebagian Laut Andaman adalah bagian dari Aceh. Laut Andaman merupakan laut dengan imigrasi ikan besar dan merupakan tempat yang sangat sempurna untuk permainan olehraga mancing (game sport fishing). Jika anda tertarik untuk mancing di Aceh, anda bisa melihat spot mancing terbaik yang ada di Aceh berikut:

  • 3. Berselancar di Lhoknga

Lhoknga merupakan kawasan pantai. Ada beberapa pantai di kawasan ini termasuk Pantai Lhoknga. Pantai ini menawarkan gelombang selancar kelas dunia untuk berselancar selama musim timur laut mulai bulan Oktober hingga April. Gelombangnya yang tinggi mencapai 2-6 kaki dan panjang sangat sempurna untuk berselancar. Pada bulan Januari hingga Maret, angina semakin kencang dan sangat cocok untuk selancar layang. Pantai dengan jarak kurang lebih 16 kilometer dari Banda Aceh atau 28 kilometer dari Bandara Sultan Iskandar Muda ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset. Ada banyak tempat wisata di Lhoknga seperti Pantai Lampuuk, Pantai Momong, Pucok Krueng, Taman Tepi Laut dan Lapangan Golf.

  • 4. Trekking di Taman Nasional Leuser

UNESCO telah mendeklarasikan Taman Nasional Leuser bersama dengan dua taman lainnya sebagai warisan dunia. Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia yang mencakup 7.927 kilometer persegi yang melindungi hutan terakhir yang tersisa di Sumatra dan melindungi berbagai ekosistem. Ada lebih dari 700 spesies hewan yang berbeda dan menjadi rumah bagi Orangutan Sumatra yang terancam punah. Taman Nasional Leuser juga dikenal sebagai paru-paru dunia. Spesies hewan lain yang bisa anda temukan di sini seperti gajah Sumatra, harimau Sumatra, badak sumatra owa putih, owa hitam, kera tomas, kera ekor panjang, kera ekor pendek, toucans, rangkong, kadal, ular bulan, buaya air asin, burung pegar dan banyak spesies burung. Petualangan unik bisa dilakukan dengan trekking ke taman nasional ini, untuk masuk surga ini anda memerlukan izin khusus dan didampingi guide atau pemandu berlisensi. Dua gerbang utama menuju ke surga ala mini adalah melalui Bukit Lawang di Sumatera Utara dan Ketambe di Aceh Tenggara.

  • 5. Mancing di Pulau Aceh

Pulo Aceh atau Pulau Aceh memiliki spot yang bagus untuk permainan olahraga mancing yang berdekatan dengan Malaka dan Samudera Hindia dan berbatasan langsung dengan Laut Andaman. Perairan Pulau Aceh merupakan salah satu lumbung ikan terbaik. Tempat memancing di Pulau Aceh menawarkan hasil tangkapan yang luar biasa. Anda bisa mancing dengan teknik popping dan teknik jigging untuk menaklukkan ikan seperti tuna sirip kuning dan kuwe gerong (GT). Selain itu masih banyak predator raksasa lain di perairan ini, dengan metal jig yang sempurna anda bisa menggaet banuak ikan predator seperti kuwe gerong, kuwe sirip biru, kakap, tenggiri, kerapu dan lain sebagainya. Ada spot di pulau Aceh yang yang terdapat banyak ikan kuwe gerong. Pulau Aceh memang surga mancing di Aceh.

  • 6. Berkuda di Takengon, Aceh Tengah

Aceh Tengah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di Aceh dengan tawaran ekowisata dan agrowisata seperti wisata kebun kopi dan wisata panorama Danau Laut Tawar. Salah satu kegiatan wisata terbaik di Aceh Tengah dengan ibukota Takengon adalah pacuan kuda. Anda bisa menunggang kuda di dekat Danau Laut Tawar. Ada beberapa arena balap kuda di takengon yang terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Takengon.

  • 7. Snorkeling di Taman Laut Rubiah

Sabang menyimpan pesona bawah laut yang mempesona. Ada banyak spot snorkeling di Pulau Weh yang tersebar di Pantai Gapang, Pantai Sumur Tiga dan Pantai Iboih. Salah satu spot snorkeling yang terkenal adalah Taman Laut Rubiah. Pulau Rubiah adalah sebuah pulau kecil di Sabang yang terletak persis di depan Pantai Iboih dengan luas kurang lebih 26 hektar. Pulau ini dikelilingi taman laut yang menawan. Snorkeling dan menyelam adalah hal terbaik untuk dilakukan di sini. Dengan diving atau snorkeling disini Anda akan melihat banyak sekali ikan berwarna-warni. Selain itu, anda akan melihat jenis ikan seperti ikan sudut, kerang raksasa, ikan singa dan banyak lainnya. Rubiah juga merupakan salah satu tempat penelitian biota laut. Terdapat lebih dari15 biota laut langka yang dilindungi disini. Keindahan taman laut rubiah memang sangat mempesona. Saat snorkeling anda akan dengan mudah berfoto dengan banyak ikan tropis, terumbu karang dan ikan pelagis lainnya.

  • 8. Melihat atraksi Hiu Paus di Sabang

Menyaksikan hiu paus di Pulau Weh adalah salah satu hal yang luar biasa. Namun penampakan hiu paus ini terkadang tidak dapat diprediksi dan pola migrasi spesies ini tidak dipahami dengan baik. Waktu terbaik untuk melihat hiu paus di Pulau Weh adalah selama bulan Desember hingga Februari. Namun sekali lagi, penampakan hiu paus tidak dapat diprediksi.

  • 9. Arung Jeram di Sungai Alas

Sungai Alas terletak di Aceh Tenggara tepatnya di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Kegiatan arung jeram di sungai alas ini sudah populer pada tahun 1980-an dan menjadi cikal bakal perkembangan wisata arung jeram di Indonesia. Sungai Alas adalah sungai arung jeram yang sulit dan berarus deras, tetapi terletak sangat strategis di hutan tropis yang indah di Taman Nasional Leuser. Selama arung jeram, anda akan bertemu banyak hewan yang masih berkeliaran dengan bebas di alam liar seperti primate, burung, rusa gajah, monyet daun Thomas, kupu-kupu cantik, owa, orangutan dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya pengarungan akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Bagi para petualang, arung jeram di Sungai Alas atau Lawe Alas adalah salah satu kegiatan yang menantang untuk dilakukan di Aceh dan menjadi tantangan tersendiri.

  • 10. Melihat atraksi lumba-lumba di Sabang

Akhir-akhir ini, menyaksikan puluhan lumba-lumba di Pulau Weh menjadi salah satu kegiatan wisata yang sangat menarik. Anda akan melihat dari dekat lumba-lumba berenang di sekitar boat. Jadwal melihat lumba-lumba biasanya terlihat pada pagi dan sore hari. Saat mencapai tempat lumba-lumba berenang dengan boat, lumba-lumba tersebut akan datang mendekat dan mengikuti boat. Jika anda tertarik menyaksikan tur hunting lumba-lumba, pesan paketnya berikut:

Hal Menarik dan Tempat Wisata di Aceh yang lain yang patut anda kunjungi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *