Teknik Mancing Jigging: Mengenal Teknik Jigging dari Slow Pitch sampai Speed di laut & Setupnya

Mancing teknik jigging merupakan salah satu teknik mancing dengan menggunakan umpan hard lure berupa metal jig dengan cara me-retrieve dengan teknik retrieve jigging mulai dari fast jerking, slow jerking hingga long jerking.

Teknik Mancing Jigging
Mancing Teknik Jigging di Aceh dengan Angler Italia

Lihat Juga:

Asal Muasal Teknik Jigging

Jigging, speed jigging, deep sea jigging, vertical jigging, cast jigging, butterfly jigging, slow pitch jigging dan yoyo jigging adalah nama nama yang digunakan dalam teknik mancing jigging yang berasal dari Polinesia yang diperbaharui pada tahun 1990 oleh Yoichi Mogi dari Jepang yang kemudian mendapatkan peningkatan yang fenomenal di Asia, Eropa, Oseania dan Amerika. Teknik Jigging ini memungkinkan pemancing untuk menangkap ikan besar secara vertical.

Lihat Juga:

Cara Kerja Jig & Teknik Dasar

Mancing teknik jigging di Spot Mancing Aceh bersama Angler Italia

Teknik dasar jigging adalah membiarkan jig turun pada bagian bawah laut dan meretrieve (menggulung) senar kembali ke atas dengan menvariasikan kecepatan dan gerakan. Banyak jenis ikan predator berada di kedalaman 80 hingga 150 meter.

Target Ikan Teknik Jigging

Ikan Kurisi dipancing dengan teknik jigging di Pulau Weh bersama Angler Malaysia

Mancing Teknik Jigging sangat efektif untuk menargetkan ikan dasar tengah dan kadang kala ikan atas. Ikan yang bisa dipancing dengan teknik jigging antara lain kurisi, GT, oil fish, ikan tuna gigi anjing, YFT, big eye trevally, tenggiri, amberjack, kerapu coklat dan masih banyak yang lain

Lihat Juga:

Macam-macam Umpan Jigging

Untuk umpan jig memiliki beragam bentuk dan memiliki action yang berbeda. Action ini disesuaikan dengan kondisi spot baik arus dan kedalaman dan juga teknik mancing jigging yang digunakan. Adapun beberapa bentuk jig adalah sebagai berikut:

  • Center Weighted Jig

Jenis jig yang memiliki berat dan lebar yang memiliki action gerakan menyamping.

  • Tail Weighted Jig

Jig ini memiliki berat di bagian bagah sehingga akan cepat turun ke dasar laut dan efektif dipakai saat arus kencang.

  • Jig Head

Jig head ini berbeda dengan kedua jenis jig diatas. Jig ini dibuat pada kail dan diberi pemberat di kepala kail menyerupai kepala ikan dan biasanya jig head ini dipadukan atau dipasang soft lure pada kailnya.

Lihat juga: Umpan Jigging Terbaik: macam-macam umpan jig yang killer

Untuk memilih jig, anda harus harus melihat tackle balance. Misalnya joran yang anda pakai menyarankan umpan jig 60gr, maka jig yang anda pakai 60gr atau jig dibawah 60gr. Pemilihan warna jig juga berpengaruh misalnya warna biru silver, kuning silver, pink silver, hijau GID dan lain sebagainya. Pemilihan jig killer juga akan sangat berpengaruh pada kesuksesan anda.

Teknik Retrieve Jigging

  • Slow Jerking

Yaitu teknik retrieve dengan sekali memompa joran disertai dua gulungan reel

  • Fast Jerking

Yaitu teknik retrieve dengan sekali memompa joran disertai sekali gulungan reel

  • Long Jerking

Yaitu teknik retrieve dengan sekali memompa joran disertai tiga kali gulungan reel

Lihat Juga:

Macam-macam teknik Jigging

  • Slow Pitch Jigging

Anda bisa menggunakan jig berat tengah, jatuhkan jig berayun-ayun sampai kebawah. Retrieve dengan mengengkol jig sampai 10-15 ft, kemudian biarkan turun 5 ft, kemudian jigging lagi 10-15ft dan lakukan berulang-ulang secara berirama sampai jig sampai ke atas. Hal ini memberi kesempatan kepada predator untuk menghantam dan menyambar jig. Teknik ini sangat cocok untuk target ikan tuna sirip kuning dan amberjack.

  • High Pitch Jigging

Anda bisa menggunakan jig berat di ekor untuk teknik ini. Saat anda menurunkan jig dan berada diatas karang, dengan gerakan ritme, sentak joran sambil memutar gulungan reel. Anda bisa melakukan teknik ini berulang-ulang sampai strike.

  • Long Fall Jigging

Long fall jigging ini disertai dengan 2-3 kali putaran reel dan menghentakkan joran dengan cara perlahan agar menggangu predator yang kurang aktif.

  • Drifting Jigging

Teknik ini cocok di arus yang kuat. Anda bisa menggunakan jig yang sedikit lebar agar jig melayang. Anda harus menentukan spot mancing yang cocok dengan teknik ini misalnya di hi-spot dengan kondisi curam, biasanya banyak predator besar mencari mangsa.

  • Cast jigging

Cast jigging adalah salah satu teknik dimana anda meng-cast jig dan me-retrieve nya layaknya teknik mancing casting. Teknik ini kadang kala sangat efektif. Jika anda menggunakan teknik ini, bagusnya anda memakai sedikit wire, karena ikan todak dan alu-alu sering menerkam dan sering putus karena perambut yang kurang bagus. Teknik cast jig ini sangat cocok digunakan pada mancing ultralight.

  • Shore Jigging

Shore jigging adalah satu teknik mancing jigging di dekat pantai ataupun di tebing. Di samping teknik mancing casting, anda juga bisa mencoba memancing teknik shore jigging dengan cast jig. Anda hanya melemparkan jig dan mulai me-retrive layaknya casting. Untuk teknik ini, sudah banyak bermunculan jenis jig yang dipakai, seperti jig spin, metal lipless crankbait jig, long type jig, front balanced jig, back weighted jig dan lain sebagainya.

Masih banyak teknik mancing jigging yang mungkin tidak umum digunakan misalnya seperti twitch jigging, dead stick jigging, bottom bouncing jigging, dan walleye jigging yang terbagi dalam macam macam walleye jigging yaitu vertical jigging, lifting a jig, popping a jig, ice jig, ripping a jig, swimming a jig dan lain sebagainya. Teknik jigging ini populer di kanada.

Setup Mancing Teknik Jigging

Joran Jigging

Joran jigging biasanya lebih pendek dan gagang sedikit lebih panjang dari joran biasa agar memudahkan untuk jigging. Biasanya joran slow pitch jigging lebih panjang dari joran speed jigging kira-kira 6 ft sampai dengan 7,5 ft dan ujung joran lebih lentur untuk memantulkan jig.

Lihat juga: Joran Jigging Terbaik

Reel Jigging

Reel jigging sendiri anda bisa memilih yang lebih ringan baik spinning maupun overhead reel dengan ratio rendah. Pemilihan reel ringan adalah agar anda tidak terlalu capek dan pegal saat jigging.

Lihat juga: Reel Jigging Terbaik

Senar

Untuk jigging bagus menggunakan senar PE yang 8 untai karena dapat mengurangi efek gesekan dan lebih cepat tenggelam.

Lihat juga: Senar Mancing Terbaik

Kail Jigging

Untuk kail jigging anda bisa memilik kail yang kuat dan tajam. Untuk kail anda bisa meletakkan 2 kali di kepala jig dan juga satu dibawah. Jika anda ragu akan tersangkut, pakai dua saja.

Leader/Perambut

Untuk perambut tergantung kepada masing-masing angler biasanya perambut dipakai sepanjang 10 ft fluorocarbon agar tidak terlihat benang PE atau samar.

Knot

Untuk mengikat perambut ke benang PE, anda bisa menggunakan FG knot atau PR knot.

Jig

Terbuat dari metal atau logam biasanya timah. Sebagian jig memiliki satu atau lebih kail yang diikat pada tali Kevlar yang berayun bebas. Ada beberapa jenis jigs, jig flutter, jig slow pitch dan jig berlian. Untuk memakai jig anda bisa menyesuaikan dengan tackle anda atau dikenal dengan istilah tackle balance. Untuk jig yang berat di diekor biasanya untuk mancing ikan YFT, amberjack dan sebagainya.

Split Ring

Digunakan untuk mempermudah mengganti kail atau jig tanpa memotong benang perambut.

Swivel/Kili-kili

Digunakan supaya senar tidak melintir saat memainkan jig

Jika anda mau mencoba untuk mancing jigging, anda bisa memesan trip mancing. Kami menawarkan trip mancing di beberapa spot jigging di Aceh:

Teknik Mancing Jigging untuk Mancing Ultralight (UL)

Teknik jigging juga bisa diaplikasikan pada mancing ultralight dengan menggunakan micro jig. Micro jig dipasar dengan golongan micro jig ada yang 3 gr, 5gr dan 7gr. Teknik mancing dengan micro jigging ini sangat efektif dan tidak terlalu menguras tenaga, namun anda mendapatkan sensasi luar biasa. Untuk spot mancing yang cocok untuk ukuran micro jig adalah 5 hingga 10 meter dalamnya dan penggunaan jinis micro jig bergantung kepada arus.

Teknik mancing jigging akan bersifat adiktif dan mengacu adrenalin pemancing. Metode mancing teknik jigging mengalami pertumbuhan yang cepat dengan gear atau alat pancing untuk teknik jigging yang modern, ringan dan sangat kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *