Pulau Rubiah Sabang Pulau Weh

Pulau Rubiah Sabang dalah sebuah pulau yang menjadi tempat wisata dan destinasi liburan terpopuler di Pulau Sabang Aceh atau Pulau Weh baik dikalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Pulau Rubiah merupakan salah satu dari lima pulau yang ada di Pulau Weh atau sering juga disebut Pulau Sabang Aceh. Pulau Rubiah Sabang terletak di pesisir barat laut Pulau Weh. Pulau ini terkenal dengan dunia bawah lautnya yang kaya akan biota laut atau juga dikenal dengan Taman Laut Rubiah. Pulau Weh atau Pulau Sabang sendiri terletak di ujung utara Pulau Sumatra tepatnya di Laut Andaman. Pulau Sabang terkenal dengan ekosistemnya dimana pemerintah telah menetapkan seluas 60 kilometer persegi dari pinggir pulau baik darat maupun laut sebagai kawasan konservasi. Hiu mulut besar adalah salah satu spesies sangat langka yang dapat ditemukan di pulau ini. Pemerintah menetapkan seluas 60 kilometer persegi dari pinggir pulau baik darat maupun laut sebagai kawasan konservasi. Hiu mulut besar adalah salah satu spesies yang dapat di temukan di pulau ini.

Pulau Rubiah Sabang menawarkan banyak tempat snorkeling terbaik dengan jarak pandang yang sangat baik. Spot snorkeling di pulau ini merupakan salah satu yang terbaik di Pulau Sabang dan tempat wisata di Sabang yang paling banyak dikunjungi serta pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Pulau Weh yaitu Pulau Klah, Pulau Rondo dan Pulau Seulako. Karena pulau ini tidak hanya dapat dinikmati keindahannya oleh wisatawan tetapi juga peneliti karang dan biota laut dan juga pelajar yang ingin meneliti kehidupan laut di pulau ini. Di pulau ini anda juga bisa menikmati keindahan panorama pulau, pantai yang indah, tempat snorkeling yang fantastis dan tempat menyelam yang bagus untuk pemula dan penyelam profesional. Banyak hal terbaik untuk dilakukan di Pulau Rubiah seperti berenang, snorkeling, berkayak, menyelam dan juga tempat yang sempurna untuk wisata dan liburan bersama keluarga.

Pulau Rubiah memiliki air yang jernih dan biru serta pemandangan bawah laut yang indah dengan jarak pandang yang bagus, pantai berpasir putih, pepohonan yang hijau subur dengan udara segar. Pulau ini terkenal dengan wisata bahari dimana anda bisa berkeliling pulau dan snorkeling dengan melihat terumbu karang yang indah dan berenang bersama ratusan ikan berwarna-warni seperti anda berada di dalam akuarium besar. Biasanya wisatawan bisa ke pulau ini dengan menaiki boat kaca dimana anda bisa melihat pemandangan bawah laut melalui kaca dalam perjalanan menuju ke pulau dan spot snorkeling terbaik di Taman Laut Rubiah.

Jika anda ingin berwisata ke Pulau Sabang Acehdan snorkeling bersama ratusan ikan di Pulau Rubiah, anda dapat memesan paket liburan ke Pulau Sabang Aceh yang kami tawarkan berikut:

Pulau Rubiah dikelilingi oleh Taman Laut Rubiah yang memiliki kawasan konservasi laut seluas 2.600 hektar yang melindungi berbagai jenis karang termasuk jenis karang langka dan biota laut di Indonesia. 14 dari 15 karang langka di Indonesia dapat ditemukan di tempat ini. Taman Laut ini juga populer untuk kapal yacht, situs scuba diving dan tempat penelitian. Untuk visibilitas bawah air, sangat jelas mencapai 10-25 meter, sehingga terlihat seperti akuarium besar dan sangat cocok untuk fotografi bawah laut.

Menjelajahi Pulau Rubiah seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan menjadi surprise setiap pengunjung bahwa ada banyak aktivitas olahraga air yang dapat anda lakukan di pulau ini. Tidak hanya berenang, snorkeling tetapi juga scuba diving, camping dan kayak. Ombaknya cukup tenang dana man untuk semua orang dan sangat cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak. Pulau ini tidak berpenghuni sehingga menawarkan suasana yang tenang. Terdapat beberapa restoran seafood di pulau ini. Para wisatawan dapat menikmati makan siang tanpa harus kembali ke Pantai Iboih untuk mencari makan.

Air laut biru jernih dengan pantai pasir putih lembut seakan menjadi kombinasi sempurna yang membuat wisatawan betah berlama-lama di pulau ini. Nama Pulau Rubiah sendiri diambil dari nama seorang wanita bernama Cut Nyak Rubiah yang makamnya ada di pulau ini. Ada berbagai macam cerita tentang Nyak Rubiah. Pulau ini memiliki sejarah tersendiri. Pada tahun 1920-an pulau ini merupakan tempat karantina bagi jamaah haji Indonesia yang bangunanya masih dapat ditemukan di pulau ini. Selain itu, pulau ini juga pernah menjadi benteng pertahanan Belanda dan Jepang saat perang dunia II. Ini bisa dilihat dari sisa-siasa benteng bersejarah yang masih bisa anda lihat di pulau ini.

Untuk menginjakkan kaki di pulau ini dan menikmati keindahan taman lautnya, wisatawan dapat menempuh perjalanan dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Feri Ulee Lheue yang akan memakan waktu 35 menit dari Bandara Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan mobil. Anda dapat menyewa transportasi dari Bandara Sultan Iskandar Muda atau juga dapat menyewa mobil jika anda membutuhkan rental mobil di Aceh untuk tur singkat sebelum anda berangkat ke Pulau Sabang. Setiba di pelabuhan Ulee Lheue anda bisa menaiki kapal cepat. Dalam waktu 45 menit anda akan sampai di Pelabuhan Balohan Sabang. Dari pelabuhan Balohan, anda bisa menaiki minibus ke Pantai Iboih dalam waktu 45 menit atau juga bisa menghubungi kami jika anda membutuhkan transportasi antar jemput dan rental mobil Sabang. Sesampainya di Pantai Iboih, anda bisa menyewa boat atau boat kaca untuk menuju ke Pulau Rubiah hanya dalam waktu 10-15 menit.

Lihat Juga:

Pulau Rubiah merupakan salah satu pulau terindah di Aceh. Pulau ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk fotografi baik fotografi keindahan pulau maupun bawah laut. Di sini anda bisa mengambil banyak foto yang indah. Bagi para fotografer bawah laut, Taman Laut Rubiah adalah tempat menyelam yang indah dan terkenal terumbu karangnya yang dangkal dan berwarna-warni. Anda juga bisa menemukan beberapa anemone gelembung fluoresen merah muda. Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat sarang belut moray yang indah.

Pulau Rubiah juga merupakan spot yang indah untuk melihat matahari terbenam di sisi bart pulau dan juga mata hari terbit yang bisa anda lihat dari sisi timur pulau. Pulau hijau yang dikelilingi oleh semua nuansa hijau pepohonan yang subur, boat kaca yang terparkir mengapung di laut yang jernih adalah surga tropis yang sempurna dengan pantai pasir putih yang lembut, air laut yang biru kehijauan dan dunia bawah laut yang luar biasa.

Selama berada di pulau yang dikelilingi oleh taman laut yang penuh dengan terumbu karang dan biota laut, anda akan menghabiskan sebagian besar waktu anda di pantai dan snorkeling. Anda juga bisa meneliti terumbu karang dan kehidupan laut di perairan ini jika anda seorang peneliti dan scientist. Bagi mahasiwa anda juga bisa belajar tentang kehidupan laut dan bawah air.

Akhirnya anda akan disambut dengan pemandangan alam yang menawan saat menginjakkan kaki di Pulau Rubiah. Laut biru yang luas berpadu dengan pantai berpasir putih dan perbukitan hijau yang menawan. Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi pulau ini hanya untuk berwisata sekedar melihat keindahan pulau, namun semuanya akan semakin sempurna saat anda menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkeling dan scuba diving. Di bawah laut anda bisa melihat berbagai macam ikan seperti ikan badut, ikan nemo, ikan botani biru, ikan karang, ikan singa, ikan pelagis, angelfish dan masih banyak lagi. Anda juga berbagai terumbu karang berwarna-warni yang pasti memanjakan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *