Biaya Nyebrang ke Sabang dari Banda Aceh: Jadwal, Harga Tiket Kapal Cepat & Lambat, Tarif Bawa Mobil ke Sabang, Dimana Pulau Weh

Baru pertama sekali ke Pulau Sabang anda pasti memiliki pertanyaan bagaimana cara menuju ke Sabang dan biaya nyebrang ke Sabang. Selain anda mendapatkan informasi mengenai biaya nyebrang ke Sabang dari Banda Aceh, jadwal kapal cepat dan kapal lambat dan tarif bawa mobil ke Sabang, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai biaya nyebrang ke Pulau Rubiah, harga snorkeling, paket wisata sabang, biaya diving dan informasi mengenai tempat wisata populer di Sabang.

Daya Tarik Wisata Sabang, Pulau Weh

Pulau Sabang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia yang semakin diminati baik wisatawan lokal maupun internasional. Hal yang membuat Sabang menjadi sangat populer adalah karena keindahan alamnya dan beragam tempat wisata di Sabang yang menawarkan keindahan alam, wisata sejarah, wisata bahari, salah satu spot diving terbaik di Asia Tenggara dan keramahtamahan masyarakatnya.

Lokasi Pulau Sabang

Pulau Weh atau juga disebut Pulau Sabang merupakan salah satu kota madya di provinsi Aceh dengan ibukota Sabang. Bagi yang belum tau Dimana Sabang atau Pulau Weh, Sabang merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 18 mil dari Banda Aceh yang merupakan salah satu pulau paling barat Indonesia yang terletak di ujung paling utara Pulau Sumatra. Pulau ini bisa dijangkau dengan kapal cepat dari Banda Aceh dengan waktu tempuh 45 menit atau juga bisa dengan kapal lambat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit dari Pelabuhan Penyebrangan Ulee Lheue Banda Aceh – Sabang ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh.

Operator Kapal Cepat dan Ferry dari Banda Aceh ke Pulau Weh

Saat ini terdapat 3 operator kapal penyebrangan di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Untuk kapal cepat terdapat dua operator yaitu MV. Anggraini dan Express Bahari dengan beberapa unit kapal. Sedangkan kapal lambat dibawah naungan PT. ASDP (Persero) yang juga memiliki beberapa unit kapal lambat.

Harga Tiket Kapal Cepat dari Banda Aceh ke Sabang

Untuk harga tiket kapal penyebarangan dari Banda Aceh ke Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan yaitu sebagai berikut:

Executive Class: Rp. 80,000,- (Dewasa) Rp. 70,000 (anak-anak), Rp. 10,000 (Bayi)

VIP Class: Rp. 100,000,- (Dewasa), Rp. 90,000 (anak-anak).

Harga Tiket Kapal Lambat dari Banda Aceh ke Sabang

Pelabuhan Balohan

Untuk harga tiket kapal lambat juga memiliki dua kelas yaitu eksekutif dan ekonomi. Adapun harga tiket kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang yang sudah termasuk jasa asuransi sekali jalan sebagai berikut:

Eksekutif Dewasa: Rp. 58,000,-

Eksekutif Anak: 46,000,-

Ekonomi Dewasa: Rp. 28,800,-

Ekonomi Anak: Rp. 16.200,-

Tarif Penyebrangan bagi yang membawa kendaraan seperti sepeda motor dan bawa mobil ke Sabang

Bagi anda yang ingin membawa kendaraan seperti sepeda motor dan khususnya mobil, maka anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk menunggu antrian. Untuk kendaraan hanya bisa melalui kapal lambat. Biasanya mobil diinapkan satu malam untuk menunggu penyebrangan dan jika sepi maka bisa menyebrang di hari yang sama. Untuk biaya bawa mobil ke Sabang atau tarif untuk penyebrangan kendaraan sekali jalan sebagai berikut:

Golongan I (sepeda): Rp. 13,700,-

Golongan II (Sepeda Motor): Rp. 34,600,-

Golongan III (Sepeda Motor diatas 500cc dan Kendaraan Roda Tiga): Rp. 118,600,-

Golongan IV (Mobil Penumpang seperti Sedan, MPV, Jeep, dll): Rp. 238,900,-

Golongan V (Bus, Truck, Tangki, dll kurang dari 7 Meter): Rp. 347,600,-

Golongan VI (Bus, Truck, Tangki, dll lebih dari 7 Meter): Rp. 444,800,-

Jadwal Kapal dari Banda Aceh ke Sabang

paket honeymoon sabang

Untuk jadwal kapal cepat dari Banda Aceh ke Sabang adalah jam 08:00 wib, 10,00 wib dan 16:00 wib kapal Express Bahari dan jam 15:00 wib kapal MV Anggraini yang berlayar setiap hari. Dan sebalik jika dari Sabang ke Banda Aceh adalah pada jam 08:00 wib, 14:30 wib dan 16:00 wib untuk kapal Express Bahari dan 10.00 wib kapal MV Anggraini.

Untuk kapal lambat sendiri berlayar setiap hari dengan jadwal dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang pada jam 08.00 wib, 12.00 wib dan 15.30 wib sedangkan dari Balohan ke Ulee Lheue adalah pada pukul 08.00 wib, 12.00 dan 15.30 wib.

Transportasi di Sabang

Setelah anda tiba di Pelabuhan Balohan, ada sejumlah transportasi di pelabuhan termasuk taksi dan becak. Jika anda ingin kendaraan pribadi yang lebih flexible anda bisa rental mobil Sabang dengan kami yang sudah termasuk driver dan minyak mobil.

Harga Paket Tour Sabang

Jika anda menginginkan semua diagendakan oleh jasa tour, anda bisa memilih paket tour Sabang dimana anda akan dibawa untuk berkunjung ke tempat wisata menarik di Sabang, berwisata ke Pulau Rubiah dengan boat kaca dan snorkeling di taman laut Rubiah. Selain itu anda tidak perlu memikirkan hotel, tiket kapal cepat dan makan yang enak karena sudah termasuk dalam paket wisata. Berikut paket wisata ke Sabang yang bisa anda lihat:

Biaya Nyebrang ke Pulau Rubiah

Bagi anda yang tidak mengambil paket tour dan ingin mengetahui biaya snorkeling di Sabang, anda bisa lihat daftar harga snorkeling dan biaya nyebrang ke Pulau Rubiah berikut:

Harga Paket Mancing Sabang

Berencana untuk berwisata di Pulau Weh dan mencari aktivitas wisata yang menarik, tidak ada salahnya bagi anda pecinta mancing mania mencoba sensasi tarikan ikan di spot terbaik. Dalam paket ini kami menawarkan paket tour ke Sabang dengan dua aktivitas wisata sekaligus yaitu snorkeling dan mancing. Anda bisa melihat itinerary pakenya berikut:

Biaya Diving di Sabang

Bagi anda pecinta selam scuba anda bisa mencoba melihat kehidupan laut yang kaya di spot diving terbaik di Sabang yang kaya akan kehidupan laut dan ikan serta karang langka. Untuk melihat paket diving anda bisa mengklik laman dibawah dan akan diarahkan ke halaman paket menyelam:

Paket Diving di Sabang

Wisata Malam di Sabang

Setelah nyebrang ke Sabang dan berwisata keliling Pulau Sabang mungkin salah satu agenda utama yang dilakukan pada siang hari. Namun anda mungkin tidak ingin langsung beristirahat di hotel dan ingin menikmati nuansa malam di Sabang. Berikut setidaknya terdapat 8 wisata malam yang bisa anda lakukan selama anda berlibur ke Sabang, Pulau Weh:

Penginapan & Hotel di Sabang

Untuk membuat panduan hotel terbaik di Sabang mungkin tidak mudah. Karena hotel di Sabang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi hotel dan resort terbaik di Sabang, Pulau Weh yang bisa anda coba untuk menginap mulai dari hotel hingga resort pinggir pantai dengan panorama pantai yang biru jernih:

Tempat Wisata Populer di Sabang

Sabang merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia dimana anda bisa menemukan pulau tropis yang indah, pantai yang masih alami, kehidupan bawah laut yang mengesankan, penduduk yang ramah dan lebih autentik. Pulau Weh Aceh cukup mudah dijangkau dan memiliki banyak tempat wisata yang komplit mulai dari air terjun, pemandian air panas, spot diving dan snorkeling, gunung berapi, hutan tropis alami, pulau-pulau indah hingga beragam wisata sejarah. Berikut beberapa tempat wisata populer di Sabang yang bisa anda kunjungi:

  • 1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan sebuah pulau di Sabang yang terkenal akan keindahan wisata baharinya. Sekeliling pulau merupakan area Taman Laut Rubiah yang dipenuhi dengan beragam biota laut. Terumbu karang di Taman Lautnya juga sangat beragam. Pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka akan snorkeling dan diving.

  • 2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu pantai terbaik di Sabang untuk dikunjungi. Wisatawan akan dibuat takjub dengan pasir putihnya yang panjang dengan air yang biru dan sangat eksotis. pantai terpanjang ini sangat cocok untuk berenang, snorkeling, berjemur dan tempat bersantai.

  • 3. Tugu Nol Kilometer Indonesia
paket honeymoon sabang

Tugu Kilometer Nol Indonesia merupakan salah satu tempat wisata unik di Indonesia dan salah satu ikon pariwisata kota Sabang. Tugu Nol Kilometer Sabang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mesti anda kunjungi di Sabang.

  • 4. Benteng Jepang Anoi Itam

Benteng Jepang Anoi Itam merupakan sisa-sisa bunker jepang yang dibangun ada masa penjajahan jepang yang pertama sekali mendarat di Sabang pada 11-12 maret 1942. Benteng ini dibangun untuk berperang melawan sekutu yang datang di Selat Malaka. Saat ini, Benteng Jepang ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Sabang yang paling terkenal.

  • 5. Gua Sarang Sabang
paket honeymoon sabang

Gua Sarang sabang merupakan gua pinggir laut yang terbentuk dari formasi bebatuan dengan pemandangan laut yang biru dan sangat memukau. Gua ini merupakan permata tersembunyi dan sangat cocok bagi anda yang suka wisata petualangan. Anda harus menuruni banyak tangga dan haris hiking ketika kembali ke atas. Namun, tempat ini akan membuat anda kagum akan keindahan alamnya yang mempesona.

  • 6. Pantai Gapang

Pantai Gapang merupakan sebuah pantai yang begitu tenang dengan beragam terumbu karang yang tidak jauh dari pantai. pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai dihiasi dengan pasir putih dan pemandangan laut biru akan menambah keindahahan pesona dan suasana yang begitu memukau. Pantai ini sangat cocok untuk bersantai, snorkeling, berkayak, hingga scuba diving untuk melihat makhluk laut mikro.

  • 7. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam merupakan pantai pasir hitam eksotis dengan pepohonan yang rimbun dan pemandangan perbukitan serta laut yang biru. Pantai ini terletak di bagian timur Pulau Weh. Birunya laut dan semilir angin laut akan membuat anda rileks di pantai ini.

  • 8. Taman I Love Sabang

Taman I Love Sabang merupakan sebuah taman dengan tugu bertuliskan “I Love Sabang”. Umumnya wisatawan berhenti di tugu ini untuk berfoto dengan pemandangan Danau Aneuk Laot, pegunungan dan laut yang terhampar luas. Tempat ini tidak jauh dari Pelabuhan Balohan.

  • 9. Pantai Paradiso
paket honeymoon sabang

Pantai Paradiso merupakan salah satu pantai yang dekat dengan pusat kota Sabang. Tempat ini merupakan tempat yang sangat populer untuk mnikmati suasana sore hari sambil menyantap kuliner khas Sabang. Selain itu pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan sunset yang sangat memukau.

  • 10. Pantai Kasih
pantai kasih sabang

Pantai Kasih merupakan pantai pasir putih yang tidak jauh dari pantai paradiso dimana anda bisa menikmati pemandangan sunset. Pantainya yang bersih dengan pemandangan sekeliling yang hijau dan air laut yang biru menambah nuansa indah pantai ini.

Pantai Iboih

Pantai Iboih merupakan destinasi utama wisata bahari di Sabang. Pantai iboih merupakan pantai dimana anda bisa menyebrang ke Pulau Rubiah. Pantai Iboih menawarkan pantai pasir putih dengan air laut yang biru toska dan sangat jernih membuat wisatawan akan jatuh hati kepada pantai ini.

Tempat Wisata Populer di Banda Aceh & Aceh Besar untuk dikunjugi setalah Sabang

Banda Aceh dan Aceh Besar merupakan daerah yang tidak terlepaskan dari pada kunjungan anda ke Sabang. Aceh Besar merupakan pintu masuk utama ke Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang. Aceh Besar memiliki segudang tempat wisata menarik yang juga sangat komplit mulai dari pantai pasir putih yang panjang, air terjun hingga spot surfing yang mendunia.

Sedangkan Banda Aceh merupakan ibukota provinsi Aceh yang merupakan titik awal dimana anda akan nyebrang ke Sabang melalui pelabuhan Ulee Lheue. Banda Aceh merupakan pusat kuliner Khas Aceh dan juga sejarah Aceh. Oleh sebab itu, Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang merupakan destinasi yang tidak bisa dipisahkan.

Berikut beberapa tempat wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar yang paling populer untuk anda kunungi setelah anda berwisata ke Sabang dan menyebrang kembali ke Banda Aceh:

  • 1. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh merupakan salah museum yang dibangun untuk mengingat bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2004 silam yang merupakan bencana terbesar di Aceh yang menewaskan 170,000 orang lebih. Bangunan musium ini berbentuk unik seperti gelombang tsunami yang berputar. Di dalam museum terdapat beragam display peninggalan gempa dan tsunami dan juga gambar dan video serta edukasi tentang gempa dan tsunami.

  • 2. PLTD Apung

PLTD Apung merupakan sebuah saksi bisu tsunami Aceh pada 26 desember 2004 yang merupakan sebuah kapal pembangkit listrik terapung dengan bobot 2,600 ton dimana kapal ini terbawa gelombang dari Pantai Ulee Lheue dan terombang-ambing hingga mendarat di Desa Punge Blang Cut, atau kira-kira 4,5 kilometer dari pantai. kapal ini menjadi museum dan terdapat banyak display di dalamnya. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang mesti dikunjungi setelah berkunjung ke Pulau Sabang.

  • 3. Masjid Raya Baiturrahman
paket tour banda aceh

Masjid Raya Baiturrahman merupakan sebuah masjid yang dibangun pada masa kerajaan Aceh pada tahun 1612 di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Namun ada juga yang mengatakan pada tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah. Masjid ini menjadi sebuah landmark dan masjid yang paling dibanggakan oleh rakyat Aceh. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat memukau perpaduan antara timur tengah dan eropa.

  • 4. Boat di Atas Rumah
paket jalan-jalan ke sabang

Boat di atas Rumah merupakan salah satu monument tsunami yang merupakan kapal kayu sepanjang 25 meter yang merupakan kapal ikan yang ketika tsunami melanda Banda Aceh pada 26 desember 2006 kapal tersebut tersapu gelombang hingga mendarat ke sebuah atap rumah. Tempat ini berada di Desa Lampulo yang merupakan desa nelayan di Banda Aceh. Di pekarangan tempat ini anda akan melihat sebuah plakat yang menjelaskan bagaimana kapal tersebut menyelamatkan nyawa sebanyak 59 orang ketika gempa dan tsunami.

  • 5. Pantai Ulee Lheue
pantai di banda aceh

Pantai Ulee Lheue merupakan sebuah pantai di Banda Aceh dimana pantai ini terkenal di kalangan lokal. Banyak pengunjung yang memadati pantai ini pada sore hari dimana banyak orang menikmati liburan keluarga, jalan-jalan, menikmati kuliner, berenang dan lain sebagainya. Pantai Ulee Lheue merupakan tempat yang sempurna untuk melihat sunset di Banda Aceh dan tempat untuk nongkrong di sepanjang jalan.

  • 6. Museum Negeri Aceh
paket liburan ke sabang

Museum Aceh atau juga dikenal dengan musium negeri Aceh merupakan sebuah musium tertua di Indonesia dalam bentuk rumah tradisional Aceh. Musium ini menampilkan banyak display seperti perabotan rumah tangga tradisional, baju adat, perhiasan tradisional, peninggalan sejarah, foto, dan lain sebagainya. Dalam museum juga terdapat peninggalan sejarah islam di Aceh, sejarah perjuangan kemerdekaan saat penjajahan belanda dan masih banyak lagi.

  • 7. Pantai Lampuuk
paket liburan ke aceh

Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai terindah di Aceh dengan garis pantai yang membentang lebih dari dua kilometer. Pantai ini terhubung dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Cemara, Pantai Pulo Kapuk hingga Pantai Lhoknga. Pantai ini jika dilihat dari atas berbentuk sepeti bulan sabit. Pantai pasir putih halus ini terdapat pepohonan cemara yang tumbuh di sepanjang pantai dan dihiasi oleh tebing-tebing yang indah.

  • 8. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga merupakan sebuah pantai yang paling terkenal di Aceh dan salah satu pantai selancar terbaik di Indonesia karena memawarkan ombak selancar kelas dunia. Pantai Lhoknga memiliki pasir putih yang lembut dengan air laut yang biru dan pepohonan yang berjejer. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat untuk melihat sunset terbaik di Aceh. Tidak hanya selancar, di pantai ini juga terdapat lapangan Golf dan banyak café dan restoran serta penginapan.

  • 9. Rumah Cut Nyak Dhien

Museum Rumah Cut Nyak Dhien merupakan sebuah rumah Aceh milik Pahlawan perempuan Aceh pejuang kemerdekaan Indonesia yaitu Cut Nyak Dhien. Bangunan yang sekarang merupakan bangunan replika karena rumah asli telah dibakar oleh Belanda pada tahun 1896. Tempat bersejarah di Aceh ini terletak di Jalan Cut Nyak Dhien, Desa Lampisang yang merupakan lokasi asli kediaman Cut Nyak Dhien.

  • 10. Kebun Kurma

Kebun Kurma Barbate Aceh Besar merupakan sebuah kebun kurma yang merupakan kebun kurma terluas di Aceh. Diperkiran saat ini 650 ha. Di kebun kurma ini terdapat café dan villa dimana banyak aktivitas wisata juga ditawarkan di tempat ini seperti menaiki ATV, berkuda, memanah dan lain sebagainya. Tempat ini menjadi tempat terakhir kunjungan anda setelah nyebrang ke Sabang dan kembali ke Banda Aceh sebelum berangkat dengan pesawat, karena tempat ini dekat dengan bandara Sultan Iskandar Muda.

Jadi, barangkali ini menjadi rekomendasi bagi anda yang hendak nyebrang ke Sabang dan informasi yang ada perlukan ketika menyebrang ke Sabang yang bisa anda jadikan referensi dan rujukan liburan ke Pulau Weh, Aceh. Anda juga bisa melihat referensi paket tour medan danau toba di laman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *