Teknik Mancing Dasaran: Mengenal Teknik Dasaran untuk memancing di laut & Setupnya

Teknik mancing dasaran adalah salah satu teknik mancing merujuk pada cara paling umum dari teknik penangkapan ikan yaitu teknik yang dipakai untuk memancing ikan di dekat dasar laut. Teknik mancing dasaran ini mungkin salah satu teknik yang membuat pemancing bisa bersantai sambil menunggu umpan disambar oleh ikan. umpan yang dipakaipun biasanya bervariasi dari umpan hidup atu live bait, baik anak ikan, udang hidup hingga daging ayam juga ada yang memakai. Malahan saat ini juga ada pemancing yang memakai daging belut sawah karena baunya sangat amis. Banyak kawan yang beritahu bahwa memakai belut cepat strike, namun sampai saat ini tim kami belum pernah mencobanya.

Lihat Juga:

Teknik dasaran ini umumnya dipakai untuk mancing target ikan dasar laut seperti kerapu, kakap merah, halibut dan sebagainya. Penangkapan ikan dengan teknik dasaran ini dapat dilakukan dari atas kapal, perahu atau juga dipinggir pantai atau tebing menggunakan piranti pancing seperti reel, joran dan sebagainya atau juga dengan handlines (menggunakan gulungan benang) teknik ini merupakan teknik yang sangat baku digunakan dari dulu sampai sekarang.

Lihat Juga:

Untuk mancing teknik dasaran diperlukan pemberat timah yang diikat pada senar dan diikuti oleh umpan yang dipasang pada kail pancing. Pemakaian pemberat timah ini tujuannya adalah agar umpan dengan cepat mencapai dasar laut. Pemberat yang dipakaipun tergantung kepada keadaan spot dan arus laut. Jika arusnya sedikit kencang maka pemberat yang dipakaipun lebih berat agar cepat turun kebawah dan tidak terbawa arus sehingga lambat sampai ke dasar laut.

teknik mancing dasaran
Mancing Kerapu di Perairan Aceh

Jika anda memancing dengan target ikan kerapu apapun jenis ikannya, teknik mancing dasaran ini sangat cocok, karena kerapu jarang mengejar mangsanya, dia lebih suka menyergap mangsa yang lemah menggunakan kemampuannya dengan menyamarkan diri didekat karang. Kerapu gerakannya tidak terlalu cepat sehingga teknik dasaran sangat cocok untuk mancing kerapu.

Mancing kerapu teknik cast jig @acehsabangultralightfishing

Kerapu juga bisa dipancing dengan teknik jigging yaitu teknik cast jig dengan micro jig. Memancing kerapu kadangkala menyulitkan para pemancing karena ketika strike ikan ini sering berlari masuk dibalik karang sehingga kadang kala tersangkut dan dengan gesekan karang, senar menjadi putus. Jika kita memakai perambut yang lebih besar, boleh saja untuk teknik dasaran memakai umpan hidup, namun jika memakai teknik cast jigging, tidak mungkin memakai perambut yang lebih besar dan kaku karena akan membuat action micro jig tidak bagus.

Lihat Juga:

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mancing teknik dasaran

Setelah mengetahui teknik dasar mancing dasaran, belum tentu akan sukses membawa ikan banyak saat pulang, ini juga mempengaruhi beberapa keadaan di laut yang harus anda perhatikan. Ada juga waktu-waktu terbaik untuk mancing di laut. Mengapa demikian, karena laut dipengaruhi beberapa faktor yaitu arus, angin, cuaca, kedalaman dan kondisi spot. Jika anda sering boncos atau tidak dapat ikan, mungkin ada beberpa faktor yang perlu anda ketahui, anda bisa membaca penyebab mancing tidak pernah dapat ikan di artikel kami sebelumnya. hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum mancing teknik dasaran adalah sebagai berikut:

  • Ketahui spot ikan: untuk memancing dasaran anda harus mengetahui dimana spot karang dan keberadaan sarang ikan.
  • Arus laut: Arus laut ini bisa dilihat saat anda melempar umpan pancing dengan pemberat, jika umpan anda terbawa miring maka arus sedikit kuat.
  • Ombak & Angin: angin akan mempengaruhi ombak, jika angin timur datang maka ombak akan pecah ditengah laut.  
  • Suhu Air: suhu berpengaruh kepada aktif dan tidak aktifnya ikan.
  • Kejernihan Air: jika air agak keruh biasanya di dekat muara, maka kemungkinan ikan untuk menyambarpun berkurang.

Joran untuk mancing dasaran

Joran yang dipakai boleh memilih joran spinning jika anda membeli reel spinning. Anda bisa memilih panjang joran 6 ft lebih atau 180 cm atau lebih.

Lihat Juga:

Reel untuk mancing dasaran

Untuk reel anda bisa memilih mulai dari reel light medium hingga medium heavy atau size 2000 hingga 8000 spinning. Jika ultralight anda bisa menyesuaikan tackle balance, reel size 1000 spinning atau 100 untuk BC. Untuk anda belum tau beda reel spinning dan BC anda bisa membacanya di Perbedaan Reel Spinning dan Reel Bait-casting.

Senar yang diperlukan

Senar yang dipakai untuk mancing dasaran biasanya senar nylon, ada juga pemancing menggunakan senar PE namun memakai perambut yang lumayan panjang agar lebih samar dan cepat tenggelam.

Cara memasang Pemberat Timah

Untuk memasang pemberat ada dua teknik, satu umpan dan pemberat menyentuh dasar dan teknik kedua pemberat menyentuh dasar tapi umpan sedikit bergantung dan tidak menyentuh dasar.

Teknik memasang udang hidup

Untuk memasang udang hidup pada kail, anda bisa memasang pada ekor atau pada kepala, tergantung kepada keinginan anda. Jika anda memilih timah pemberat menyentuh tanah dan umpan diatas air, maka memasang kail di ekor udang lebih bagus, agar udang bebas bergerak dan menarik ikan dan juga sebaliknya.

Jika anda mancing di sekitar kota Banda Aceh, anda bisa memesan udang hidup, alat-alat pancing di toko pancing kami berikut:

Apakah teknik mancing dasaran atau bottom juga bisa diterapkan pada mancing ultralight!

Pertanyaan yang mantap. Kebiasaan mancing dasaran dipandang rendah oleh rekan-rekan caster. Namun, anda harus menghormati setiap skill dan teknik yang orang pakai. Sebab mancing merupakan hobi untuk mencari kesenangan. Untuk pertanyaan diatas, apakah bisa teknik dasaran dipakai pada mancing ultralight, tentu sangat bisa, mengapa tidak. Apakah harus selalu mengikuti rule 6 lb? aturan tersebut tidak mengikat, ada juga angler ultralight yang tidak mengikuti tackle balance. Itu kembali kepada para pemancing sendiri.

Lihat Juga:

Terima kasih telah berkunjung ke laman kami, semoga kami dapat memberikan informasi tentang teknik mancing dasaran kepada teman-teman angler mania semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *