Siapa yang membuat aturan mancing Ultralight (UL) 6 lb!

Berbicara masalah mancing ultralight, banyak orang bertanya kenapa mancing ultralight punya aturan piranti yang pada umumnya tidak boleh lebih dari 6lbs (2,7kg). selepas dari itu, siapa yang membuat aturan mancing ultralight (UL) 6lb!

Mancing ultralight sering kali menjadi perdebatan karena adanya aturan 6 lb, misalnya joran 6lb, senar 6lb, reel ukuran 1000 untuk spinning, 100 untuk baitcasting (BC), lure tidak lebih dari 8 gr dan lain sebagainya. Ada banyak angler yang mengikuti aturan ini dan banyak juga perancang atau pabrik piranti pancing yang membuat piranti sesuai dengan aturan diatas misalnya Abu Garcia, Shimano dan juga brand lokal indonesia juga sangat populer seperti Relix Nusantara dengan joran Jabrik UL nya. Disamping itu ada juga angler yang tidak mengikuti aturan secara komplit seperti diatas misalnya menggunakan joran 2-6lb tetapi line atau senarnya 28lb atau 13kg power test dan lain sebagainya yang tidak mengikuti aturan.

Jadi banyak yang bertanya, siapa pencetus mancing ultralight (UL Fishing) dan aturan yang dibuat mengapa 6lb untuk tackle balance! Berikut penjelasan singkatnya:

Istilah ultralight berasal dari Bahasa prancis yaitu Ultra-leger, dikembangkan di prancis yaitu UL Spinning technique dan tackle pada tahun 1930-an dan dipublikasi pertama kali pada tahun 1934 oleh Jean Venesmes dengan judul Le Lancer Des Poids Legers (Light Weight Casting). Pada tahun 1941 Dr. Pierre Barbelion mempublish buku yang berjudul Lancer Leger et Poissons de Sport (Light Casting & Sport Fish). Dan selajudnya banyak perusahaan pembuat piranti ringan baik di Belanda & UK membuat piranti ultra ringan dan banyak journal dan buku mem-publish tentang Ultralight fishing spinning hingga ke Amerika.

Pada saat ini, umumnya Jepang dikenal sebagai founder dalam membuat piranti mancing ultralight. Namun mereka meng-upgrade apa yang sudah dibuat oleh eropa dan amerika puluhan tahun yang lalu berdasarkan teknik mancing. Di Eropa saat ini, mancing ultralight umumnya menargetkan ikan Bass dan Trout.

Untuk standar mancing ultralight sendiri mengapa ada aturan maximum 6lb setup tackle untuk joran dan senar agar sensasi melawan ikan menjadi lebih menantang. Aturan 6lb ini bisa anda temukan di laman Wikipedia yang mengatur tentang balance tackle joran 6lb dan line max 6lb test. Berikut screenshot-nya:

Aturan diatas banyak diikuti sampai sekarang dan banyak pabrikan juga membuat piranti sesuai dengan aturan diatas. Innovasi mancing ultralight mungkin bisa jadi berubah. Namun, intinya mancing ultralight ini adalah mencari kepuasan dan mencari sensasi tersendiri dari hobi memancing.

Baca juga artikel lain dari kami:

Baca Juga Teknik-teknik Mancing:

Cek juga Spot Mancing di Indonesia:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *